Show simple item record

dc.contributor.advisorHastuti Saptorini
dc.contributor.authorDhina Retiana, 00512152
dc.date.accessioned2020-08-28T06:15:18Z
dc.date.available2020-08-28T06:15:18Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23493
dc.description.abstractFasilitas pendidikan terpadu bagi anak pra-sekolah di Ungaran merupakan sarana dan pra-sarana yang berupaya membantu perkembangan jasmani dan rohani untuk memperbaiki mutu pendidikan anak-anak di masa depan. Upaya yang dilakukan untuk membantu perkembangan motorik, kognitif dan afektif, adalah dengan membuat tata ruang luar dan tata ruang dalam bangunan yang Dinamis dan Interaktif. Ungkapan nilai Dinamis dan Interaktif tersebut diperoleh dengan melakukan studi kasus untuk menentukan bentuk massa, sirkulasi ruang luar, orientasi bangunan, entrance site dan tata ruang dalam. Skematik desain meliputi penerapan nilai Dinamis dan Interaktif fasilitas pendidikan terpadu pada site di Ungaran, yang ditunjukkan dengan analisa dan skema. Skema perwilayahan kegiatan merupakan pembagian bangunan menjadi massa privat meliputi area belajar dan massa service untuk ruang makan bersama. Skema gubahan massa terbentuk dari pola pergerakan anak yang menerus, dengan orientasi bangunan dominasi menghadap bagian dalam/ open space sebagai ruang bermain terbuka. Skema sirkulasi ruang luar dibuat mengikuti bentuk massa dengan menggunakan pola gabungan linier dan radial. Entrance bangunan terbagi menjadi 2, Main entrance berada disebelah barat site dibuat dengan membelokkan sirkulasi dan tertutup bidang vertical untuk menghindari anak-anak keluar dari site. Side entrance terletak di selatan site untuk menghindari kemacetan pada simpang tiga jalan dan berdekatan dengan area parkir. Skema tata hijau ditata dengan meletakkan pohon besar di sisi site sebagai barier dan mengurangi kebisingan suara, sedangkan pohon kecil diletakkan sepanjang pedestrian sebagai peneduh. Pengembangan desain adalah hasil akhir dari konsep nilai Dinamis dan Intreraktif yang telah disusun. Aplikasi tersebut diungkapkan melalui variasi ketinggian atap pada studio musik dan perpustakaan denga ketinggian mencapai 6 meter sehingga terkesan monumental. Kombinasi warna cerah seperti hijau pada massa service, biru muda pada massa pendidikan dan orange pada studio musik dan perpustakaan dapat membangkitkan perasaan gembira. Permainan perulangan bidang seperti shadding denga jarak 60cm untuk menciptakan kesan aktif. Transparansi / bukaan dengan bentuk persegi, lingkaran dan segi tiga dapat membantu meningkatkan rasa ingin tahu pada anak-anak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectFASILITAS PENDIDIKAN TERPADUen_US
dc.subjectANAK PRA-SEKOLAH DI UNGARANen_US
dc.subjectPenekanan Pada Tata Ruang Dalamen_US
dc.subjectTata Ruang Luaren_US
dc.subjectDinamis dan Interaktifen_US
dc.titleFASILITAS PENDIDIKAN TERPADU BAGI ANAK PRA-SEKOLAH DI UNGARAN Penekanan Pada Tata Ruang Dalam dan Tata Ruang Luar Yang Dinamis dan Interaktifen_US
dc.Identifier.NIM00512152


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record