Show simple item record

dc.contributor.advisorArif Budi Sholihah
dc.contributor.authorDita Ayu Rani Natalia, 03512142
dc.date.accessioned2020-08-27T06:24:55Z
dc.date.available2020-08-27T06:24:55Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23474
dc.description.abstractTidak ada manusia diciptakan sama yang satu dengan lainnya atau tidak memiliki kekurangan. Juga tidak ada manusia yang ingin dilahirkan ke dunia ini dengan mengalami kelainan. Kelainan seseorang tidak memandang dari suatu suku atau bangsa. Orang yang mengalami kelainan dianggap sosok yang tidak berdaya dan berbeda, sehingga perlu dibantu dan dikasihani. Bencana alam yang terjadi di Yogyakarta mengakibatkan sebagian orang menjadi difabel termasuk anak-anak. Keadaan ini menyebabkan banyak anak tidak dapat melanjutkan pendidikan karena terbatasnya fasilitas pendidikan yang dapat menampung semua peserta didik baik yang normal maupun yang berkelainan yang dapat mengintegrasikan perbedaan kemampuan (difabilitas) dan lingkungan sekitar. Sekolah Dasar Inklusif merupakan fasilitas pendidikan yang dapat menampung kebutuhan anak baik yang berkelainan maupun normal sesuai dengan kurikulum Depdiknas yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya. Fasilitas pendidikan yang memperhatikan standart aksesibilitas dan pedoman teknis bangunan sekolah luar biasa dalam merancang dan menciptakan susunan ruang dan sirkulasi yang mewadahi proses kegiatan belajar mengajar yang mudah dipahami oleh difabel. Perancangan sekolah yang dapat mendukung interaksi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Interaksi di lingkungan sekolah antara pengelola, siswa maupun pengelola dan siswa yang dapat mendukung integrasi yang didukung dengan fasilitas di lingkungan sekolah yang dapat digunakan sebagai area pembelajaran yang dapat meningkatkan kepekaan indera maupun pengetahuan bagi anak berkebutuhan khusus maupun anak lain (normal) maupun interaksi di lingkungan sekitar yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya yang dapat mendukung integrasi dengan lingkungan sekitar yang dapat merubah pandangan masyarakat tentang anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Sekolah Dasar Inklusif, Difabilitas, Integrasi Lingkunganen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSekolah Dasar Inklusifen_US
dc.subjectDifabilitasen_US
dc.subjectIntegrasi Lingkunganen_US
dc.titleSEKOLAH DASAR INKLUSIF Dl IMOGIRI, BANTUL Integrasi Perbedaan Kemampuan (Difabilitas) dan Lingkungan Sekitar Dalam Perancanganen_US
dc.Identifier.NIM03512142


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record