dc.description.abstract | Ruas jalan H. Affandi merupakan salah satu jalan perkotaan di Yogyakarta dengan klasifikasi jalan adalah jalan arteri sekunder. Seiring dengan
pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor maka volume arus lalu lintas di
ruas jalan juga akan meningkat. Peningkatan ini juga akan mempengaruhi
kualitas udara ambien ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan ruas jalan, selain itu untuk
mengetahui pengaruh jumlah kendaraan yang lewat, luas rumija dan luas RTH
terhadap tingkat pencemaran yang terjadi. Evaluasi kinerja ruas jalan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI), 1997 dengan metode perhitungan jalan empat lajur dua arah
terbagi(4/2D). Tingkat pelayanan berdasarkan pada Keputusan Menteri
Perhubungan No. 14 tahun 2006. Berdasarkan analisis volume arus lalu lintas untuk ruas timur didapatkan nilai arus total (Q) sebesar 1949,35 amp/jam, nilai
kapasitas (C) sebesar 3283,16 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar
06 Sedangkan untuk ruas Barat didapatkan nilai arus total (Q) sebesar 1680,1
smp/jam, nilai kapasitas (C) sebesar 3283,16 smp/jam dan nilai derajat
kejenuhan (DS) sebesar 0,53. Nilai derajat kejenuhan yang diperoleh menunjukan
bahwa jalan tersebut untuk kedua ruasnya masih cukup baik karena belum
melampui derajat kejenuhan yang disyaratkan MKJI '97 sebesar 0,75. Tingkat
pelayanan jalan beradapada tingkat B untuk kedua ruas.
Pengujian tingkat pencemaran degan beberapa parameter didapatkan
hasil,Karbon monoksida (CO) sebesar 20700 (μg/m³) debu (TSP) sebesar 173
(μg/m³) sulfurdioksida (SO₂) sebesar 53,02, (μg/m³) nitrogendioksida (NO₂)
sebesar 13 8(μg/m³) dan timbal (Pb) dengan menggunakan data sekunder
sebesar 031 (μg/m³). Hasil tersebut menunjukan bahwa kualitas udara ambien
pada tahun pengujian masih dalam kondisi bait Setelah dilakukan analisis
regresi dengan sampel 16 ruas jalan di Yogyakarta yang telah ditentukan yang
menggambrakan hubungan tingkat pencemaran (Y) dengan volume lalu lintas
(X₁) luas ruang milik jalan (X₂) dan luas ruang terbuka hijau (X₃) diperoleh
persamaan yang signifikan dan sesuai asumsi dasar yaitu :
YCo= H549 +5,772 X₁-11,854X₂- 19,959X₃
YPb =0,892 +0,000008X₁ - 0,0008X₂ - 0,0027X₃
Kata kunci : Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Tingkat
Pencemaran Udara, analisis regresi | en_US |