Show simple item record

dc.contributor.advisorEskartrimurti
dc.contributor.authorSri Fitriani, 03522028
dc.date.accessioned2020-08-19T07:01:41Z
dc.date.available2020-08-19T07:01:41Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23361
dc.description.abstractSemakin meningkatnya jumlah pemakai kendaraan matic roda dua menjadikan persaingan di bidang industri otomotif semakin ketat. Hal ini menuntut produsen otomotif lebih aktif dalam melakukan survei pasar termasuk didalamnya perilaku konsumen dalam menggunakan atau memilih produk sepeda motor matic. Dari surevei pasar diharapkan dapat diketahui keunggulan masing-masing produk motor matic dimata konsumen, yang dapat dijadikan dasar bagi perusahaan untuk mengembangkan produk dan strategi pemasaran. Memperhatikan hal tersebut, tugas akhir ini dimaksudkan untuk membahas tentang atribut yang menjadi prioritas bagi konsumen dalam memilih kendaraan matic roda dua dan memposisikan keunggulan masing-masing merk sepeda motor matic. Penelitian dilakukan di wilayah Kaliurang, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini dipilih lima merk sepeda motor matic yang diteliti, yaitu merk Yamaha (Mio), Jetmatic Kymco, Honda (Vario), Yamaha (Nouvo), dan Suzuki (Spin). Sedangkan atribut yang dipertimbangkan adalah harga produk baru, desain dan kombinasi warna, harga puma jual, akselerasi dan kecepatan, konsumsi bahan bakar, mesin, kenyamanan, suku cadang, kemudahan dikendarai (praktis). Segmentasi pasar dilakukan dengan metode Kluster Nonhirarki, yaitu pengidentifikasian segmen pasar berdasarkan atribut-atribut yang diprioritaskan konsumen. Sedangkan pemposisian produk dilakukan dengan menggunakan metode Multidimensional Scaling Nonmetrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi masing-masing merek dan atribut keunggulannya berdasarkan peta persepsi adalah Suzuki (Spin) berada pada kuadran satu dan unggul pada atribut harga produk baru, mesin, kenyamanan dan suku cadang. Honda (Vario) beradapada kuadran dua dengan keunggulannya pada atribut konsumsi bahan bakar. Jetmatic Kymco dan Yamaha (Nouvo) berada pada kuadran tiga dan unggul pada atribut akselerasi dan kecepatan serta kemudahan dikendarai. Yamaha (Mio) berada pada kuadran empat dan unggul pada atribut desain dan kombinasi warna serta harga purna jual.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Penerapan Segmentasi Pasaren_US
dc.subjectPositioning Kendaraan Maticen_US
dc.subjectRoda Duaen_US
dc.subjectAnalisis Multivariaten_US
dc.titleAnalisis Penerapan Segmentasi Pasar dan Positioning Kendaraan Matic Roda Dua Menggunakan Analisis Multivariaten_US
dc.Identifier.NIM03522028


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record