Analisis Parkir pada Kawasan Parkir Solo Grand Mall
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kapasilas parkir dan pola
parkir yang ada untuk optimalisusi herdasarkan karakteristik parkir dan pola
parkir, yang kedua memberikan alternatif pengelolaan masalah perparkiran yang
akomodatif.
Pada penelitian ini digunakan metode survey lapangan keluar masuk yaitu
pemberian blangko survey kepada setiap kendaraan yang masuk serta pencatatan
waktu masuk dan keluar kendaraan. Survey dilakukan pada hari Sabtu, Minggu,
dan Senin pada siang dan sore hari yang merupakan hari-hari puncak selama
dua minggu. Data hasil survey berupa akumulasi parkir, durasi parkir, volume
parkir. Data yang didapat dapat dihitung indeks parkir, tingkat tunrn over,
kapasitas dinamis, dan kapasitas statis. Data lain yang diperoleh adalah
karakteristik pengunjung Swalayan Solo Grand Mall yang diperoleh dari
pembagian kuisioner terhadap 100 pengunjung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan ruang parkir untuk jenis
kendaraan sepeda motor terbesar adalah 1256.77 SRP, kapasitas statis sebesar
1300 SRP dan kapasitas dinamis 1984.73 SRP. Kebutuhan ruang parkir untuk
jenis kendaraan roda empat terbesar adalah 610.46 SRP, kapasitas statis sebesar
700 SRP dan kapasitas dinamis 1119.40 SRP. Untuk kedua tempat parkir
kendaraan ini masing-masing telah mencukupi kapasitas yang ada sehingga tidak
membutuhkan penambahan areal parkir. Penggunaan tarif progresif sangat
cocok mengingat sehagian durasi parkir terjadi lebih dari 2 jam. Indeks parkir
terbesar untuk kendaraan roda dua menunjukkan angka 17,22 % dan indeks
parkir terbesar untuk kendaraan roda empat yang terjadi sebesar 14.30 %. Data
dari hasil kuisioner menyatakan bahwa segi keamanan dan tarif parkir
hendaknya lebih diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi pada setiap
lapisan masyarakat.
Dari nilai-nilai pada data tersebut mengindikasikan bahwa Kawasan
Parkir Solo Grand Mall masih sangat memadai untuk pengunjung.
Collections
- Civil Engineering [4199]