Analisis SWOT untuk Menyusun Strategi Bersaing (Studi Kasus di Factory Outlet Wanted Clothing, Yogyakarta)
Abstract
Dalam menjalankan usahanya, pemilik usaha selalu berhadapan dengan
kebijakan pengambilan keputusan dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul
baik dari lingkungan internal maupun eksternal perusahaan yang dapat mempengaruhi
kelangsungan usaha. Adalah suatu kewajiban bagi pemilik usaha untuk mengambil
keputusan terbaik bagi perusahaan. Untuk itu dibutuhkan suatu perencanaan strategi
yang bertujuan untuk memperoleh keunggulan bersaing. Untuk mendapatkan
keunggulan bersaing, digunakanlah sebuah analisa yang bertujuan untuk
mengantisipasi masalah internal (kelemahan) dan eksternal (ancaman) dengan
memanfaatkan kemampuan internal (kekuatan) dan potensi eksternal (peluang).
Analisis SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor internal dan eksternal untuk
merumuskan strategi bersaing. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat
memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities) namun secara
bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats).
Untuk itu penulis melakukan analisis kasus pada factory outlet Wanted Clothing.
Lewat dua pendekatan analisis kasus yairu matrik IE dan matrik SWOT, dihasilkan
posisi bisnis Wanted FO berada pada sel ke-5 lewat matrik IE dan pendekatan matrik
SWOT menghasilkan alternatif strategi S-O, yaitu alternatif strategi yang
menggunakan kekuatan perusahaan untuk memanfaatkan peluang.
Collections
- Industrial Engineering [2231]