Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa Ditinjau dari Motif Berprestasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan positif antara
kewirausahaan dengan motif berprestasi. Dugaan awal yang diajukan dalam
penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kewirausahaan dengan motif
berprestasi di kalangan mahasiswa. Semakin tinggi kewirausahaan, semakin tinggi
motif berprestasi. Sebaliknya semakin rendah kewirausahaan, semakin rendah motif
berprestasi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa diatas semester II, S-1,
berasal dari jurusan eksakta dan non eksakta, belum menikah, dan belum terikat
kerja/ ikatan dinas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode quota sampling.
Adapun skala yang digunakan adalah hasil modifikasi skala Kewirausahaan dari
Ifham (2002) yang telah digunakan sebelumnya yang berjumlah 47 aitem, mengacu
pada aspek yang dikemukakan oleh Drucker (1996) dan Skala Motif berprestasi dari
Fatmawati (2001) mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Mc Clelland (1967).
Reliabilitas skala kewirausahaan: 0,9487 dan skala motif berprestasi: 0,9256.
Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas
program SPSS versi 10,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara
kewirausahaan dengan motif berprestasi. Korelasi product moment dari Spearman
menunjukkan korelasi sebesar r = 0,633 yang artinya ada hubungan yang signifikan
antara kewirausahaan dengan motif berprestasi. Jadi hipotesis penelitian diterima.
Kata Kunci : Kewirausahaan
Motif Berprestasi
Collections
- Psychology [2185]