dc.contributor.author | Bagus Putra Utama, 01512204 | |
dc.date.accessioned | 2020-08-05T04:34:31Z | |
dc.date.available | 2020-08-05T04:34:31Z | |
dc.date.issued | 2006 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/23159 | |
dc.description.abstract | Pondok Pesantren masih tetap bertahan di alam pendidikan modern, bahkan
semakin berkembang sedemikian rupa, jenis-jenis dan tingkat pendidikan yang
diselenggarakanpun bermacam-macam, tetapi tetap tidak melupakan bahwa
yang menjadi khittah berdirinya Pondok Pesantren adalah Tafaqquh fiddin.
Dalam kenyataan selain fungsi pokok tersebut, Pondok Pesantren tidak
mengabaikan aspek fungsi kemasyarakatan dan penyiapan sumberdaya
manusia.
Sama halnya dengan Pondok Pesantren Raudhatunnajah, perkembangan jaman
dan tuntutan masyarakat juga dapat diterima dan dimodifikasi dengan baik.
Selain memberikan pelajaran agama Ponpes juga menyediakan fasilitas
pendidikan formal yang bertujuan disamping pendidikan agama supaya para
santri setelah lulus pesantren juga dapat bersaing dengan lulusan sekolah umum
dalam memperoleh lapangan kerja ataupun menciptakan lapangan kerja. Potensi
yang dimiliki Pondok sebagai Aset Pengembangan Pondok sangat melimpah,
seperti lahan yang luas dan subur yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran.
Sekolah alam merupakan sebuah model pendidikan yang memanfaatkan
alam semesta sebagai media belajar. Pendekatan Sekolah Alam merupakan
metode yang tepat dengan kondisi lahan dan mayoritas santri Pondok Pesantren
Agribisnis Raudhatunnajah yang masih berusia anak-anak (7-12 tahun). Proses
belajar tersebut akan lebih mudah jika peserta didik langsung berinteraksi
dengan lingkungannya, bukan hanya belajar melalui buku. Sekolah alam
merupakan jawabannya.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, agribisnis, sekolah alam | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pondok Pesantren Agribisnis | en_US |
dc.subject | Raudhatunnajah di Muko-Muko Bengkulu Utara | en_US |
dc.subject | Pendekatan Sekolah Alam | en_US |
dc.subject | Eksplorasi Tapak | en_US |
dc.subject | Tata Ruang Pembelajaran | en_US |
dc.title | Pondok Pesantren Agribisnis Raudhatunnajah di Muko-Muko Bengkulu Utara Pendekatan Sekolah Alam Melalui Eksplorasi Tapak pada Tata Ruang Pembelajaran | en_US |