Evaluasi Teknik, Ekonomi dan Lingkungan Jembatan Kretek Pasca Konservasi Pondasi
Abstract
Penambangan pasir merupakan suatu kegiatan masyarakat yang
mengeksploitasi kekayaan sumber daya alam baik secara langsung maupun tidak
langsung. Kegiatan penambangan pasir yang lokasinya berada di bantaran sungai
Opak Bantul di sebelah hulu dan hilir jembatan Kretek merupakan salah satu
kasus yang terjadi saat ini. Maraknya kegiatan penambangan pasir tersebut telah
berjalan ±5 tahun dan telah menimbulkan banyak kerugian yang dialami oleh
pihak Pemerintah maupun masyarakat setempat.
Dalam analisis teknik objek penelitian ini adalah kinerja dari alat angkut
truck yang digunakan untuk mengangkut sirtu dengan survey langsung di
lapangan sebelum dan setelah konservasi pondasi (sheet pile). Adapun dalam
analisis ekonomi yang ditinjau adalah nilai dari Benefit Cost Ratio (BCR) dan
Break Even Point (BEP) dari usaha penambangan pasir. Sedangkan untuk analisis
lingkungan mencari dampak dari usaha penggalian pasir tersebut terhadap
lingkungan disekitar jembatan.
Volume pasir terambil per hari sebelum ada sheet pile adalah 13,5 m³
/truck /hari dan setelah ada sheet pile 4,5 m³ /truck /hari. Nilai BCR dan BEP
pengusaha penambang pasir sebelum ada sheet pile dengan investasi sebuah truck
harga tunai BCRm=1,93 dan BCRk= 1,46 untuk BEP= 2 tahun (layak) setelah ada
sheet pile BCRm=0,57 dan BCRk=0,69 (tidak layak). Nilai BCR dan BEP
investasi truck dengan kredit BCRm=1,3 dan BCRk=1,2 untuk BEP= 3,5 tahun
(layak) setelah ada sheet pile BCRm=-0,22 BCRk=0,3 (tidak layak). Banyaknya
longsoran pada tebing-tebing sungai akibat penambagan pasir yang berlebihan di
selatan hilir jembatan Kretek. Dengan adanya usaha baru (home industri) sebagai
pengganti usaha menambang pasir mempunyai nilai BCRm=1,06 dan BCRk=1,04
(proyek layak bagi Pemerintah).
Dari hasil analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan
penambangan pasir di hulu dan hilir jembatan Kretek di Bantul sangat merugikan
masyarakat maupun pemerintah setempat dan hal ini harus sesegera mungkin
dihentikan demi kepentingan semua pihak dengan salah satu caranya adalah
pemberian lapangan kerja baru dan pelatihan-pelatihan bagi para penambang yang
lebih bermanfaat untuk kedepannya.
Collections
- Civil Engineering [4192]