Analisis Sikap Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta sebagai konsumen Nokia
Abstract
Latar belakang dari skripsi ini adalah adanya perkembangan
Perkembangan teknologi komunikasi memaksa perusahaan-perusahaan untuk
meningkatkan produknya agar menjadi lebih baik dan berkualitas sehingga dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Agar dapat bermain di pasar,
perusahaan harus mengetahui dan memahami apa yang dibutuhkan dar diinginkan
konsumen dan berusaha untuk memuaskanya. Pertumbuha teknologi
telekomunikasi yang sangat cepat, salah satunya adalah terutama telepon
seluler atau yang lebih kita kenal sebagai handphone. Telepon seluler merupakan
alat komunikasi yang menggunakan teknologi tinggi (high tech). Hal ini terbukti
dengan perkembanganya telepon seluler cepat berganti dan selalu terdapat
inovasi, salah satunya adalah telepon seluler Nokia yang banyak diminati oleh
konsumen karena memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih baik dan menarik di
banding telepon seluler yang lain.
Pada skripsi ini, penulis meneliti tentang sikap Mahasiswa Universitas
Islam Indonesia sebagai konsumen Nokia, serta menganalisis ada/tidaknya
perbedaan sikap konsumen berdasarkan karakteristiknya yaitu gender, usia dan
Jurusan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden
yaitu para Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia sebagai
pengguna telepon seluler Nokia.
Untuk menganalisis sikap konsumen tersebut digunakan model analisis
sikap Fishbein dan uji beda nonparametrik Kruskal Wallis. Dalam analisis sikap
Fishbein, pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan variabel
keyakinan (bi) dan evaluasi (ei) atas atribut-atribut produk yang digunakan.
Variabel-variabel tersebut kemudian dikalikan untuk memperoleh indeks sikap
konsumen yang diukur menggunakan skala Likert 5 ruas. Kemudian untuk
analisis Kruskal Wallis, keputusan dalam menerima atau menolak Ho dilakukan
dengan membandingkan probabilitas dengan batas tingkat signifikansi (α = 0,05).
Jika probabilitas kesalahan lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima dan jika
probabilitas kurang dari 0,05 maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan
sikap konsumen berdasarkan karakteristik responden.
Berdasarkan analisis Fishbein yang dilakukan, diketahui bahwa konsumen
mempunyai sikap yang Baik terhadap atribut dari produk telepon seluler Nokia.
Sedangkan dari hasil analisis Kruskal Wallis dinyatakan ada perbedaan sikap
konsumen terhadap atribut dari telepon seluler Nokia berdasarkan karakteristik
konsumen. Perbedaan yang berarti terletak pada atribut kualitas, desain, pilihan ,
teknologi dan penampilan, dan kemudahan penggunaan.
Collections
- Management [4527]