Analisa Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Jasa Pusat Kebugaran Cakra Kembang di Yogyakarta
Abstract
Konsep kualitas menjadi sesuatu yang menjadi penentu dalam melihat keberhasilan
suatu lembaga yang bergerak dalam bidang produksi maupun jasa pelayanan, baik yang
dikelola oleh badan swasta maupun pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja dengan perseosi konsumen, mengetahui
tingkat kepuasan konsumen Pusat Kebugaran Cakra Kembang, dan menggali faktorfaktor
yang perlu diperhatikan Pusat Kebugaran Cakra Kembang dalam meningkatkan
kualitas pelayanan pada konsumen.
Penelitian menggunakan Metode Sampling acak secara proporsional menurut
stratifikasi (proportionate stratifed random sampling). Sampel yang diambil sebanyak 61
responden. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik Diagram
Kartesius. Diagram ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi jasa dan tingkat kepuasan
atas mutu layanan yang diberikan oleh Pusat Kebugaran Cakra Kembang. Hasil
penelitian menunjukkan : dimensi kualitas pelayanan Responsiveness dengan ordinat
(3,08:3,31) dan dimensi pelayanan Assurance dengan ordinat (3,15:3,31) terletak pada
kuadran B. Hal ini menandakan bahwa konsumen merasa puas dan memandang penting
kedua dimensi kualitas pelayanan jasatersebut. Dimensi kualitas pelayanan jasa Empathy
dengan ordinat (2,94:3,17) terletak pada kuadran C. Hal ini berarti kurang memuaskan
dan dipandang penting bagi pelanggan. Dimensi kualitas pelayanan jasa Tangibles
dengan ordinat (2,81:3,34) dan Reliability dengan ordinat (2,9:3,41) terletak pada
kuadran A, hal yang harus diperhatikan adalah kepuasan konsumen akan tercipta apabila
dimensi kualitas pelayanan jasa Tangibles dan Reliability berada pada kuadran B,
sehingga Pusat Kebugaran Cakra Kembang harus meningkatan kinerja pada dimensi
kualitas pelayanan jasa Tangibles dan Reliabilty.
Collections
- Management [4524]