Perilaku Lentur Kuda-Kuda Rangka Batang Profil Lipped Channel Bentukan Dingin
Abstract
Kuda-kuda rangka batang (truss) adalah suatu struktur kerangka yang
terdiri dari sejumlah tertentu batang-batang yang dihubungkan satu sama lain
dengan perantara titik-titik simpul yang berupa sendi lanpa gesekan dimana
gaya-gaya luar bekerja melalui titik-titik ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
membandingkan kekuatan kuda-kuda rangka Howe, Pratt, dan Fink, (2)
mendapatkan diagram beban-deformasi kuda-kuda rangka Howe, Pratt dan Fink
serta membandingkan kekakuan ketiga rangka tersebut, (3) mendapatkan
diagram momen-kelengkungan setiap kuda-kuda (Howe, Pratt, dan Pink).
Pengujian eksperimental menguji perilaku lentur kuda-kuda rangka
batang dengan bentuk Howe, Pratt, dan Pink, yaitu hubungan beban lendutan (P-∆)
dan momen kelengkungan (M-∅). Dan pengujian ini akan diketahui kekakuan
struktur rangka batangnya.
Pada penelitian eksperimental ini menggunakan 3 variasi bentuk kudakuda
rangka batang dengan profil yang sama yailu 76.x44.xl I dan tebal profil 1
mm, bentang 6 m, dansudul kemiringan 22°.
Berdasarkan eksperimen yang dilakukan dapat diketahui bahwa kekuatan
benda uji (Fink Truss - 9,9 kN, Howe Truss 9,8 kN, Pratt Truss 9 kN) dan
kekakuan benda uji pada pembebanan 9 KN (Fink Truss 0,64 kN mm, Pratt
Truss 0,73 kN mm, Howe Truss 0,83 kN mm), sehingga perbandingan
kekakuan Fink Truss, Pratt Truss dan Howe Truss adalah 29,09%, 33,18% dan
37,73%.
Hasil eksperimental tnenunjukan bahwa kon/igurasi batang dinding
berpengaruh pada kekakuan struktur rangka batang. Hal ini menunjukkan bahwa
salah satu model mempunyai kekakuan yang lebih baik atau mempunyai kekakuan
yang lebih besar dan model yang lain, sehingga dalam penilitian ini disimpulkan
bahwa, dari ke-3 model benda uji, yaitu rangka batang Howe mempunyai
kekakuan yang lebih besar dari rangka batang Pratt dan Fink.
Collections
- Civil Engineering [4194]