Show simple item record

dc.contributor.authorTri Indah Puspaningsih, 99522123
dc.date.accessioned2020-07-04T01:04:05Z
dc.date.available2020-07-04T01:04:05Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/22019
dc.description.abstractFenomena yang sering terjadi pada supply chain adalah teramplifikasinya variabilitas permintaan dari chanel downstream ke chanel upstream. Fenomena ini dinamakan bullwhip effect. Akibat terjadinya bullwhip effect timbul inefisiensi pada supply chain, antara lain perencanaan produksi dan pengirirnan produk jadi. Penelitian ini membahas mengenai bullwhip effect yang terjadi pada supply chain susu yaitu di PT. Sari Husada. Menghitung bullwhip effect, dibagi menjadi empat pengukuran pada dua sekumpulan echelon. Pengukuran pertama analisa paling detail, dengan mengukur produk dengan outlet. Pengukuran kedua, permintaan diagregasikan pada outlet. Pengukuran ketiga, permintaan diagregasikan pada produk. Pengukuran keempat, diagregasikan pada outlet dan produk yang kesemuanya dilakukan didua chanel supply chain, yaitu distributor dan retailer. Hasil pengukuran untuk echolen retailer dengan distributor menghasilkan nilai ω₁(0.97) > ω4(0.93) dan chanel distributor dengan produsen menghasilkan nilai ω₁(0.99) > ω4 (0.90) yang berarti terjadi amplifikasi variabilitas permintaan disetiap chanel supply chain. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya bullwhip effect, antara lain: adanya kebijakan harga dalam memberi potongan harga dan bonus, kebijakan perusahaan dalam pemesanan produk berdasarkan data histories downstream dibawahya. Cara untuk mengurangi terjadinya bullwhip effect, adalah mengurangi variabilitas permintaan, jadwal pengirirnan produk dengan tepat, memperbaiki kebijakan harga. Kata kunci: Supply chain, bullwhip effecten_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Bullwhip Effecten_US
dc.subjectManajemen Rantai Pasokan (SCM)en_US
dc.subjectMenanggulangi Terjadinya Amplifikasien_US
dc.subjectVariabilitas Permintaanen_US
dc.subjectDisetiap Saluran (Chanel)en_US
dc.subjectSupply chainen_US
dc.titleEvaluasi Bullwhip Effect pada Manajemen Rantai Pasokan (SCM) untuk Menanggulangi Terjadinya Amplifikasi Variabilitas Permintaan Disetiap Saluran (Chanel)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record