Gallery Seni Ukir Sebagai Wadah Promosi dan Pemasaran di Jepara Penekanan pada Pencipfaan Tata Ruang Dalam yang Berkarakter Dinamis
Abstract
Jepara adalah kota ukir. Sebagai kota industri yang mempunyai potensi cukup
menonjol, hal tersebut menyangkut keberadaan pengusaha ukir yang tersebar
merata di wilayah kota Jepara. Jumlah perusahaan ukir di Jepara paling banyak
dibandingkan dengan perusahaan yang lainnya. Tetapi kerajinan ukir di Jepara
lebih banyak dihasilkan oleh home industry, namun demikian para home industry
tersebut belum memiliki wadah untuk lebih meningkatkan promosi dan cara
pemasaran produk hingga terjadi kelesuan pemasaran yang merugikan para
home industry.
Gallery seni ukir yang dimaksud adalah suatu bangunan yang
mempunyai fungsi sebagai wadah atau tempat untuk mengadakan promosi dan
pemasaran produk ukir bagi para home industry dan pengusaha-pengusaha ukir.
Kegiatan dalam gallery ini meliputi kegiatan pameran, baik pameran tetap
maupun pameran tidak tetap, kegiatan promosi berupa workshop atau peragaan
yang memeragakan bagaimana proses pembuatan ukir, selain itu juga kegiatan
pemasaran.
Perwujudan sebuah gallery seni ukir di Jepara yang menampung
kegiatan promosi dan pemasaran. Serta penciptaan tata ruang dalam yang
berkarakter dinamis meliputi bentuk dan komposisi ruang, pola sirkulasi, lay out
pada ruang dalam terutama ruang pamer dan elemen-elemen ruang-ruang
dalam lainnya yang meliputi dinding, lantai, plafond dan pencahayaan yang dapat
menunjukkan karekter dinamis.
Konsep gallery seni ukir ini adalah melalui penciptaan tata ruang dalam
yang berkarakter dinamis yang meliputi bentuk dan komposisi ruang, pola
sirkulasi, lay out ruang dalam dan elemen ruang luar.
Collections
- Architecture [3655]