Mercedes-Benz Center di Yogyakarta
Abstract
Mercedes-Benz yang diproduksi oleh Daimler Chrysler AG, merupakan
salah satu merk mobil yang mampu mendominasi pasar otomotif global dengan
brand image yang kuat. Namun demikian Mercedes-Benz masih harus terus
bersaing ketat dengan merk-merk lain seperti BMW, Volvo dan Audi misalnya.
Selain melebarkan jaringan pemasaran dan layanan purna jual, Mercedes-
Benz juga mempunyai satu terobosan dalam menghadapi persaingan pasar dengan
program pemasaran tak langsung dengan cakupan jangka panjang, yaitu dengan
menanamkan image kepada konsumen bahwa Mercedes-Benz merupakan produk
unggulan dengan kualitas tinggi. Dimulai dari tingkatan anak-anak dengan
program Cedy's World sampai dengan tingkatan dewasa dengan Brand Gallery.
Program ini dijalankan dalam satu jaringan terpadu bersama dengan program
pemasaran langsung dan program purna jual yang dinaungi oleh Mercedes-Benz
Center yang tersebar di seluruh penjuru dunia.
Terutama untuk pasaran Asia Tenggara, Indonesia merupakan salah satu
pasar yang potensial. Kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya adalah
sasaran potensial untuk pemasaran langsung karena kota-kota tersebut merupakan
pusat bisnis. Namun halnya dengan kota Yogyakarta yang mungkin tingkat
tingkat bisnisnya belum sebesar Jakarta atau Surabaya, tetap merupakan potensi
pasar yang cukup besar. Dengan didasarkan pada program penanaman image,
terdapat dua kata kunci yaitu pengenalan (introduction) dan pendidikan
(education), maka Yogyakarta sebagai kota pendidikan yang menonjol di
Indonesia merupakan potensi untuk pemasaran secara tak langsung. Sebagian
besar penduduk Yogyakarta adalah mereka yang masih dalam jenjang pendidikan,
baik untuk tingkatan dasar, menengah ataupun untuk yang siap diproyeksikan
langsung ke dunia kerja. Maka mereka adalah sasaran potensial untuk penanaman
image Mercedes-Benz. Diharapkan setelah mereka memasuki dunia bisnis,
dengan image keunggulan dari Mercedes-Benz yang tertanam dengan baik,
mereka nantinya akan menjadi konsumen untuk pemasaran secara langsung.
Keberadaan Mercedes-Benz Center di Yogyakarta, selain didesain dengan
mengacu pada aturan dari Daimler Chrysler AG juga disesuaikan dengan fungsi
dan kapasitasnya sebagai tempat pelayanan konsumen di Yogyakarta dan
sekitarnya dan juga sebagai sarana penanaman image Mercedes-Benz.
Dengan berdasarkan kajian tersebut maka dengan adanya Mercedes-Benz
Center di Yogyakarta diharapkan dapat memperkuat dominasi Mercedes-Benz di
kancah bisnis otomotif dunia.
Collections
- Architecture [3673]