Analisis Geometrik Lengkung Vertikal Cembung terhadap Perubahan Tinggi Mata Pengemudi pada Kecepatan Tinggi
Date
1996Author
Endah Setiawaty Petiwijaya, 88310031
Wawan Prasetyo Nugroho, 90310025
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan mobil penumpang cenderung ke arah yang
lebih kecil dan lebih aerodinamis. Perubahan karakteristik
mobil penumpang tersebut menyebabkan penurunan tinggi mata
pengemudi sampai di bawah standar Bina Marga. Dalam
penyesuaian perubahan tinggi mata pengemudi, untuk
menjamin keselamatan pengemudi perlu penambahan koreksi
terhadap standar yang ada. Dalam Peraturan Perencanaan
Geometrik Jalan Raya no.13 tahun 1970, tinggi mata
pengemudi sebesar 1.25 meter, sedangkan dari hasil
pemantauan di lapangan tinggi mata sebesar 1.1024 meter.
Penganalisaan dilakukan untuk mengetahui pengaruh
akibat penurunan tinggi mata pengemudi. Hasil analisis
membuktikan bahwa penurunan tinggi mata pengemudi
berpengaruh pada penentuan jarak pandangan yang
selanjutnya akan mempengaruhi variabel-variabel yang
dipergunakan dalam perhitungan jarak pandangan.
Pada kecepatan 60 km/ jam apabila seorang pengemudi
dengan tinggi mata 1.1024 meter melalui lengkung vertikal
yang direncanakan berdasarkan standar Bina Marga dengan
kecepatan yang sama, jarak pandangannya akan berkurang
sebesar 4.3685 meter dari jarak pandangan semula. Nilai
tersebut akan meningkat dengan semakin meningkatnya
kecepatan kendaraan. Karena kondisi tersebut berbahaya
bagi pengemudi dengan kecepatan tinggi, terutama di daerah
rural, perlu dilakukan penambahan koreksi terhadap
standarisasi, untuk penyesuaian dengan perkembangan
karakteristik mobil penumpang pada masa mendatang, dan
pengadaan rambu-rambu pada jalan tersebut derai keselamatan
pengemudi.
Collections
- Civil Engineering [4192]