Analisis Penggunaan Batu Kapur dan Pasir Batu sebagai Bahan Lapis Pondasl Bawah Struktur Perkerasan Jalan
Abstract
Salah satu masalah dalam pembuatan jalan adalah ketergantungan
terhadap jenis material tertentu diantaranya adalah pasir batu (sirtu),sehingga
perlu dicari alternatif pengganti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah batu kapur dapat digunakan sebagai material pondasi bawah
perkerasan jalan. Didalam penelitian laboratorium batu kapur yang diteliti
dicampur dengan sirtu sebagian maupun tanpa campuran sirtu.
Penelitian laboratorium dilakukan pada batu kapur dari Panggang,
Gunung Kidul. Batu kapur dicampur dengan sirtu kelas B dengan penambahan
kadar kapur 0%, 20%, 45%, 70% dan 90%. Campuran tersebut diuji sifat fisik
dan batas-batas konsistensi, kepadatan untuk mencari kadar air optimum dan
berat volume kering maksimum dan selanjutnya dilakukan pengujian CBR.
Hasil pengujian abrasi diperoleh nilai sebesar 43,96% untuk batu kapur
dan 33,80% untuk sirtu. Pengujian sifat fisik dan batas-batas konsistensi variasi
campuran yang memenuhi persyaratan Bina Marga untuk nilai Indek Plastisitas
hanya pada variasi campuran dengan kadar kapur 45%, sirtu 45% dan lempung
10% dengan nilai sebesar 7,96%. Berdasarkan pengujian CBR nilainya
meningkat seiring penambahan kapur sampai pada kadar kapur 45% dengan
nilai sebesar 45,00%, setelah itu pada kadar kapur diatas 45% nilai CBR
mengalami penurunan, variasi campuran yang memenuhi persyaratan sebagai
bahan pondasi bawah adalah pada kadar kapur 20%, 45%, dan 70%. Dari
seluruh hasil pengujian laboratorium menunjukan bahwa campuran dengan
variasi komposisi batu kapur 45%, sirtu 45%, dan lempung 10% memenuhi semua
persyaratan dari Bina Marga sebagai bahan material pondasi bawah struktur
jalan. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis yang diperoleh, ternyata batu
kapur dan Panggang, Gunung Kidul dapat digunakan sebagai bahan suplesi
material pondasi bawah dengan perbandingan campuran antara batu kapur
dengan sirtu 1:1, sedangkan perbandingan campuran diatas atau dibawah
campuran tersebut disarankan untuk tidak digunakan.
Collections
- Civil Engineering [4258]