Show simple item record

dc.contributor.authorAli Abrar, 94310271
dc.contributor.authorWindu Harto, 96310231
dc.date.accessioned2020-07-01T03:11:01Z
dc.date.available2020-07-01T03:11:01Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21888
dc.description.abstractLandas pacu merupakan salah satu komponen utama dalam sistem bandar udara, yang sangat mempengaruhi kinerja dan seluruh kegiatan operasional. Pengetahuan tentang penentuan ketebalan lapis keras landas pacu sangatlah penting, agar bandar udara yang dirancang mampu memberikan pelayanan yang optimal bagi lalu lintas yang direncanakan dan dapat melayani perkembangan yang akan datang. Bandar udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru-Riau saat ini mempunyai panjang landas pacu 2150m, lebar 30m, dan tebal total perkerasan 70 cm. Penentuan tebal lapis keras landas pacu (runway) untuk bandar udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru-Riau ditinjau dengan menggunakan beberapa metode perancangan yang telah diakui oleh International Civiliation Aviation Organization (ICAO). Metode ini diantaranya adalah metode CBR, LCN dan LAA. Dengan menggunakan data perancangan yang sama ditentukan tebal lapis keras landas pacu dengan menggunakan ketiga metode perancangan diatas. Perbedaan mendasar hasil perhitungan tebal lapis keras landas pacu dengan menggunakan ketiga metode tersebut terletak pada asumsi dan parameter yang digunakan pada masing-masing metode, serta prosedur perancangan yang dipergunakan dalam penelitian dan pengembangan permasalahan lapis keras landas pacu yang dilakukan oleh masing-masing badan penerbangan yang mengeluarkan metode tersebut, sedangkan persamaan dan ketiga metode adalah daya dukung tanah dasar dan bahan lapis keras (subbase dan base course) dinyatakan dalam nilai CBR. Kajian ulang hitungan ketebalan lapis keras landas pacu bandar udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru-Riau menggunakan data yang didapat dari PT. Angkasa Pura II bandar udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru-Riau dan PT. SURFENS. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan pesawat rencana B-737-300, untuk masing-masing metode didapat ketebalan total lapis keras landas pacu sebesar 70 cm berdasarkan metode CBR, 67 cm berdasarkan metode LCN dan 60 cm berdasarkan metode FAA. Berdasarkan pada hasil perhitungan maka dapat disimpulkan bahwa metode FAA merupakan metode yang menghasilkan ketebalan total yang paling tipis (60 cm) dan masih memenuhi persyaratan untuk keamanan dan kenyamanan selama pesawat akan melakukan tinggal landas dan pendaratan, sedangkan metode yang menghasilkan ketebalan terbesar adalah metode CBR (70 cm).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKajian Ulangen_US
dc.subjectHitungan Ketebalan Lapis Kerasen_US
dc.subjectLandas Pacuen_US
dc.subjectBandar Udara Sultan Syarif Kasem H Pekanbaru - Riauen_US
dc.subjectMetode CBR, LCN, dan FAAen_US
dc.titleKajian Ulang Hitungan Ketebalan Lapis Keras Landas Pacu Bandar Udara Sultan Syarif Kasem H Pekanbaru - Riau dengan Metode CBR, LCN, dan FAAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record