Show simple item record

dc.contributor.authorYeni Agustin S, 97512103
dc.date.accessioned2020-06-30T13:28:53Z
dc.date.available2020-06-30T13:28:53Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21857
dc.description.abstractMasa pra sekolah adalah masa - masa penting bagi perkembangan anak, dimana anak mulai belajar berbagai hal dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu untuk dapat mendukung berbagai perkembangan anak diperlukan suatu wadah yang sesuai dengan karakter anak. Ruang dibentuk dengan memanfaatkan pengolahan karakter arsitektural elemen alami berupa air, vegetasi, unsur binatang dan elemen arsitektural berupa warna, tekstur, organisasi ruang, sirkulasi ruang dan skala ruang bagi anak - anak. Sedang landasan teori yang dipakai adalah yang berhubungan dengan perilaku anak, perkembangan anak dan elemen ruang yang mencakup bentuk, warna, skala dan tekstur. Kualitas penerangan yang harus dan Iayak disediakan di dalam suatu ruangan ditentukan oleh penggunaan ruang, khususnya ditinjau dari segi beratnya pembebanan pada mata oleh aktivitas yang dilakukan dalam ruangan. Lamanya waktu aktivitas dengan daya yang tinggi dan sifat aktivitas. Sifat aktivitas dapat secara terus menerus meminta perhatian dan penglihatan yang tepat atau dapat pula meminta daya mata yang amat tinggi secara periode - periode pendek. Tetapi sering diselingi dengan periode - periode dimana mata dapat istirahat. Data yang digunakan penelitian ini ada dua yaitu pengumpulan data primer dan pengumpulan data skunder. Data primer yaitu pengamatan dan pengukuran. Data skunder yaitu mempelajari gambar bangunan yang diteliti, mencari literatur. Jumlah sampel 6 orang dari 12 orang guru. Melalui proses analisis terhadap pencahayaan terhadap kualitas ruang. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan seseorang di dalam ruang. Aktivitas yang dilakukan oleh siswa di dalam ruang kelas merupakan kegiatan yang banyak menuntut kenyamanan akan ruang kelas itu sendiri. Penelitian ini menitikberatkan pada warna (dinding, plafon, lantai ), dimensi pintu, jendela dan bukaan lain yang berpengaruh terhadap kondisi thermal, selain pendapat pengguna ruangan itu sendiri yaitu guru - guru dan siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengaruh Pencahayaanen_US
dc.subjectKualitas Ruangen_US
dc.subjectTaman Kanak Kanak Aisyiyah Ponorogoen_US
dc.titlePengaruh Pencahayaan terhadap Kualitas Ruang di Taman Kanak Kanak Aisyiyah Ponorogoen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record