Stabilisasi Tanah Dasar Ruas Jalan Purwodadi - Solo Km. 20 dengan Menggunakan PC dan Kapur
Abstract
Konstruksi jalan terdiri dari tanah dasar (subgrade) dan perkerasan jalan.
Kekuatan dan keawetan suatu konstruksi perkerasan jalan sangat tergantung dari
sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar. Bila ditinjau lebih jauh, peranan tanah
dasar sebagai suatu perletakkan lapisan perkerasan di atasnya sangat memegang
peranan yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus, terutama
mengenai kualitas dari tanah dasar tersebut, karena keawetan dan kekuatan
struktur lapis permukaan, terutama jenis perkerasan lentur sangat dipengaruhi
perubahan kembang susut yang terjadi pada tanah dasar.
Dari berbagai jenis tanah dan sifat-silat yang berbeda antar satu daerah
dengan daerah yang lain maka dalam perencanaan suatu jalan raya, sebelum
digunakan sebagai subcode maka perlu distabilisasi. Salah satu cara stabilisasi
yaitu dengan menggunakan campuran PC (portland cement) dan kapur agar
diperoleh tanah dasar dengan stabilitas yang tinggi sehingga dapat memenuhi
persyaratan sebagai tanah dasar suatu jalan raya.
Pada penelitian ini meneliti komposisi yang tepat pada campuran PC dan
kapur dengan variasi campuran pada PC 0%, 1%, 2%, 3% dan kapur 0%, 4%, 8%,
12%, masing-masing dengan masa curing selama 3 hari. Dari hasil penelitian
dengan komposisi campuran PC 3% dan kapur 4% diperoleh nilai CBR dan Kuat
Tekan Bebas yang terbesar yaitu 31,58% dan 1,953 kg/cm².
Collections
- Civil Engineering [4192]