Show simple item record

dc.contributor.authorDafwyal, 94310067
dc.contributor.authorSusianto Handoyo, 94310225
dc.date.accessioned2020-06-29T10:24:17Z
dc.date.available2020-06-29T10:24:17Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21817
dc.description.abstractKondisi arus lalu lintas di ruas jalan dan simpang bersinyal pada jalan Magelang yang tinggi, salah satu penyebabnya adalah jalan Magelang merupakan jalan arteri yang menghubungkan daerah dan luar kota menuju ke pusat kota Yogyakarta. Akibat tingginya arus lalu lintas, diperkirakan akan timbul gangguan-gangguan lalu lintas terutama pada saat jam-jam sibuk evaluasi dan analisa keadaan ruas jalan dan simpang bersinyal tersebut perlu dilakukan sehingga diharapkan dapat mengantisipasi masalah yang timbul agar tercipta pelayanan dan efisiensi perjalanan yang baik. Dalam menganalisa ruas jalan dan simpang bersinyal mengacu pada manual yang sesuai dengan keadaan dan kondisi lalu Iintas di Indonesia, seperti komposisi lalu lintas dan penlaku pengemudi. Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 digunakan sebagai manual untuk perhitungan kinerja lalu lintas yang meliputi analisis operasional dan perencanaan. Selanjutnya hasil analisis ruas jalan tersebut dianalisa dengan menggunakan Highway Capacity Manual 1994 untuk menentukan kriteria tingkat pelayanan (Level of Service). Hasil analisis berdasarkan MKJI untuk ruas jalan Magelang bagian Utara dan Selatan menunjukkan bahwa kondisi ruas jalan tersebut cukup baik hal ini terlihat pada nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0.372 dan 0,456. Sedangkan hasil analisis berdasarkan HCM yang ditunjukkan dengan parameter kecepatan, untuk ruas jalan Magelang bagian Utara didapat kecepatan sebesar 40.64 km jam dan tingkat pelayanan beradapada tingkat C serta untuk ruas jalan Magelang bagian Selatan diperoleh kecepatan sebesar 12.78 km/jam dan tingkat pelayanan berada pada tingkat F. Sedangkan hasil analisis pada simpang bersinyal Ring Road Utara-jalan Magelang menunjukkan bahwa terjadi tundaan (mean intersection delay) selama 39.13 detik/smp dan tingkat pelayanan berada pada tingkat D. Hasil analisis simpang bersinyal jalan Magelang-jalan Wolter Monginsidi menunjukkan terjadinya tundaan selama 310.54 detik/smp dan tingkat pelayanan berada pada tingkat F. Dengan pengaturan ulang lama waktu hijau untuk setiap pendekat, tingkat pelayanan dapat dinaikkan menjadi D dengan lama waktu tundaan sebesar 37.53 detik/smp. Dan hasil analisis simpang bersinyal jalan Magelang-jalan Diponegoro jalan Tentera Pelajar-jalan Kyai Mojo menunjukkan terjadinya tundaan selama 983.74 detik/smp dan tingkat pelayanan berada pada tingkat F. Pada simpang ini dilakukan perubahan geometrik dengan penambahan lebar jalan menjadi 14 meter per arah dan pengaturan ulang lama waktu hijau untuk setiap pendekat sehingga tingkat pelayanan dapat dinaikkan menjadi D dengan lama waktu tundaan sebesar 39.50 detik/smp.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Tingkat Pelayananen_US
dc.subjectRuas Jalanen_US
dc.subjectPersimpangan Bersinyalen_US
dc.subjectJalan Magelangen_US
dc.subjectDaerah Istimewa Yogyakartaen_US
dc.titleEvaluasi Tingkat Pelayanan pada Ruas Jalan dan Persimpangan Bersinyal di Jalan Magelang Daerah Istimewa Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record