Analisis Pengaruh Selebriti Endorser terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Obat Nyamuk Garuda
Abstract
Pada masa sekarang ini persaingan para produsen dalam merebut
konsumen sangat ketat. Berbagai cara mereka gunakan untuk memenangkan
persaingan itu. Iklan merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan
saat ini. Konsumen dihadapkan dengan berbagai macam periklanan setiap hari.
Setiap kali kita keluar rumah, hal yang paling sering kita jumpai adalah banyak
gambar yang dipasang di sepanjang jalan yang memamerkan sebuah produk dan
tulisan yang merayu kita untuk membelinya. Setiap kali kita menghidupkan
televisi, kita dihadapkan pada sebuah adegan atau selebriti yang memperlihatkan
sebuah produk dan mengajak kita untuk mengonsumsinya.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka penulis mengadakan
penelitian tentang penggunaan selebriti dalam sebuah iklan dan pengaruhnya
terhadap minat beli konsumen pada produk obat nyamuk Garuda. Adapun
variabel-variabel yang dimasukkan dalam penelitian ini adalah variabel
kepercayaan selebriti, keahlian selebriti, daya tarik selebriti dan pesan iklan.
Penulis memiliki beberapa hipotesis bahwa variabel-variabel tersebut adalah
variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen.
Untuk membuktikan hipotesis tersebut, maka peneliti menggunakan
berbagai analisa baik deskriptif maupun analisa statistik, diantaranya uji regresi
berganda, uji F, koefisien determinasi, uji t, uji korelasi parsial. Dari regresi
berganda didapat nilai-nilai koefisien positif yang artinya variabel-variabel
penelitian mempengaruhi secara positif terhadap minat beli konsumen pada
produk obat nyamuk Garuda. Hasil uji F mengatakan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima, artinya bahwa variabel kepercayaan selebriti endorser, keahlian selebriti
endorser, daya tarik selebriti endorser, dan pesan iklan secara bersama-sama
mempengaruhi minat beli pada produk obat nyamuk Garuda, hal ini terlihat dari
nilai koefisien sebesar 0,006 yang berada dibawah 0,05 yang merupakan nilai
level of signifikansi yang ditentukan yang ditentukan dalam penelitian ini. Dari
angka koefisien determinasi sebesar 0,139 yang berarti bahwa hanya 13,9 %
variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama- sama
terhadap variabel dependen yaitu minat beli. Uji F mengatakan bahwa yang
mempengaruhi variabel minat beli secara parsial hanya variabel daya tarik dan
pesan iklan karena nilai koefisiennya dibawah level of signifikansi yaitu 0,05.
Untuk selanjutnya secara terperinci hasil penelitian ini dibahas didalam bab-bab
pada skripsi ini.
Collections
- Management [4527]