Optimasi Struktur Kabel dan Menara pada Jembatan Gantung Type Straight Backstays
Abstract
Dalam perencanaan jembatan gantung yang menjadi perhatian dan
memerlukan waktu yang cepat dalam menghasilkan nilai yang optimal adalah pada
tahap perencanaan/desain. Perencanaan yang dilakukan dengan cara manual akan
memerlukan waktu yang sangat lama, sehingga dalam perencanaan diperlukan alat
bantu hitung berupa /computer untuk mengatasinya. Optimasi jembatan gantung
pada tugas akhir ini hanya terbatas pada kabel dan manara jembatan.
Untuk mengoptimalkan perencanaan struktur kabel dan menara pada
jembatan gantung digunakan beberapa variahel antara lain adalah variabe dan sag rasio (rasio perbandingan antara kedalaman kabel dengan bentang tengah
jembatan) panjang jembatan dan jarak pengangkuran. Kemudian dan beberapa
variabel tersebut dilakukan perhitungan dengan menggunakan bantuan /computer
melalui softwere dengan menggunakan program visual basic, sehingga didapatkan
kebutuhan dari kabel dan menara pada jembatan gantung tersebut selanjutnya
untuk mencari nilai optimasi dilakukan dengan program excel yaitu dengan cara
menjumlahkan kebutuhan kabel dan menara dengan mengalikan perbandingan harga
tertentu dari masing-masing struktur sehingga didapatkan suatu hasil optimal.
Perbandingan harga yang digunakan antara kebutuhan kebutuhan kabel per kilogram dengan kebutuhan menara yang menggunakan beton bertulang dengan
dimensi kolom 2m x2m dan dimensi balok 1m x1,5mper kilogram adalah 1:2, 1.3,
1:4, 1:5 dan 1:6. Dalam penelitian yang dilakukan dalam perencanaan jembatan gantung
faktor yang sangat berpengaruh untuk memberikan hasil menguntungkan adalah
nilai sag ratio. Nilai sag ratio yang dapat dipergunakan adalah 1/7 atau 1/8 dan
perbandingan harga yang paling menguntungkan adalah perbandingan harga antara
kabel dan menara beton bertulang tidak terlalu besar, dalam penelitian ini
dipergunakan perbandingan 1:1, 1:2, dan 1:3 sedaigkan rasio perbandingan jarak
pengangkuran dengan Main Span yang paling menguntungkan adalah 1/6.
Collections
- Civil Engineering [4258]