Pusat Peragaan IPTEK di Monjali
Abstract
Di jaman sekarang ini, tidak ada yang lebih berguna
selain ilmu Pengetahuan. Dan dalam memperolehnya, kita harus
melalui proses belajar. Tanpa belajar tidak mungkin kita
akan mendapatkan ilmu yang kita inginkan. Ada bermacam macam
cara kita belajar, dengan guru, teman, ataupun belajar
sendiri dari buku atau media pembelajaran yang lain.
Dalam hal ini Science And Technology Center adalah
salah satu wadah yang dapat dijadikan media belajar bagi
seluruh masyarakat, terutama generasi mudanya, agar terbuka
matanya dalam mengenal kemajuan peradaban manusia yang
selalu berkembang. Sehingga diharapkan dengan mengenal
berbagai ilmu pengetahuan yang tak terbatas tersebut, dapat
menciptakan generasi yang cerdas dan tangguh dalam
menyongsong masa depan.
Bukan tanpa alasan jika Pusat Peragaan Iptek dijadikan acuan
dalam mencari Ilmu Pengetahuan, sebab dewasa ini kita lebih
mengenal pendidikan formal yang serba serius, monoton, dan
klasikal. Sehingga dengan adanya Pusat Peragaan Iptek, akan
menjadi variasi yang bagus, dengan konsep Edutaintment-nya,
yaitu belajar sambil bersenang-senang. Atau bisa dikatakan.
'Belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar'.
Dengan bantuan alat peraga yang interaktif, baik yang dibuat
skala ataupun ukuran sebenarnya, yang berupa artefak yang
dapat dipegang, ataupun dengan bantuan komputer.
Sebagai wadah alat peraga, tentunya ada hal - hal yang
perlu diperhatikan, sehingga dengan wadah yang bagus, maka
isinya akan bagus pula. Ini bisa dilakukan dengan membuat Wadah yang fleksibel, sehingga mempermudah dalam membuat
Layout , membuat kemudahan dalam sirkulasi, menciptakan suasan yang berbeda dengan suasana sekolah
Yang konvensional. Serta dapat beradaptasi dengan lingkungan
eksisting dengan baik yaitu Monumen Jogja Kembali. Sehingga
terciptalah sebuah integrasi yang dinamis, harmoni antara
Monjali dengan Science And Technology Center. Dan pada
akhirnya terciptalah Monjali Science And Technology Center.
Collections
- Architecture [3678]