Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Sasono, 97511315
dc.contributor.authorBrahmantara, 98511167
dc.date.accessioned2020-06-19T12:01:30Z
dc.date.available2020-06-19T12:01:30Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21551
dc.description.abstractPenelitian pada Ruas Jalan Ring Road Utara Yogyakarta ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecelakaan, dengan cara menentukan daerah rawan kecelakaan (DRK), angka kecelakaan, mengevaluasi karakteristik kecelakaan, dan faktor-faktor penyebabnya. Data yang digunakan pada wilayah penelitian didapatkan dari instansi terkait seperti dari Kepolisian Resort Sleman, Rumah Sakit Panti Rapih, Kantor Biro Statistik Kabupaten Sleman, dan Sub Dinas Bina Marga selama tahun 1998-2000. Analisis data daerah rawan kecelakaan diketahui dengan metode "black spot", yang teridentifikasi dari hasil analisis diteliti karakteristiknya untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Angka kecelakaan ditinjau dari data umur pelaku, status pelaku,jenis kelamin, dan Iain-lain. Hasil analisis menunjukkan selama lima tahun terakhir jumlah kecelakaan terjadi sebanyak 317 kasus, dengan perincian korban meninggal dunia 57 orang, luka berat 71 orang, dan luka ringan 229 orang dengan lokasi kejadian sebagian besarpada Km 4.1, Km 4.8, Km 5.6, Km 6.7, Km 7.4, Km 7.9, Km 8.2, Km 8.7, Km 9.2, Km 9.5, Km 10.4, Km 12.0, Km 13.6, Km 14.7. Kejadian kecelakan terbesar terjadi padajam 12.00-18.00 sebesar 29 %, dimana jenis kelamin pelaku kecelakaan paling besar adalah pria sebesar 80 %. Umur pelaku kecelakaan terbesar adalah umur 24-40 tahun sebesar 43 % dengan status sosial terbanyak adalah swasta sebesar 36 %. Kecelakaan lalulintas paling banyak terjadi pada saat cuaca cerah yaitu sebesar 71% dengan jenis kendaraan yang paling banyak terlibat adalah sepeda motor sebesar 49% dan tipe tabrakan yang paling sering terjadi adalah depan-belakang sebesar 36%. Usaha untuk menurunkan tingkat kecelakaan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki maupun melengkapi rambu lalulintas dan tempat penyeberangan, mengurangi akses jalan masuk dan keluar ruas jalan tersebut, dan usaha peningkatan kedisiplinan berlalulintas dapat dilakukan dengan aturan yang ketat untuk memperoleh Surat Ijin Mengemudi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Daerah Rawan Kecelakaanen_US
dc.subjectRuas Jalan Ring Road Utaraen_US
dc.subjectDaerah Istimewa Yogyakartaen_US
dc.titleAnalisis Daerah Rawan Kecelakaan pada Ruas Jalan Ring Road Utara Daerah Istimewa Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record