Analisis Motivasi Konsumen Mahasiswa di Yogyakarta Dalam Memilih Komputer Rakitan
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan bagaimana motivasi
konsumen terhadap suatu produk. Perusahaan yang memahami konsep motivasi
konsumen dalam memilih suatu produk yang ditawarkan, akan dapat memenuhi serta
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga konsumen menjadi
pelanggan yang loyal.
Dalam penelitian ini, produk yang diteliti adalah komputer rakitan dan
penelitian ini hanya ditujukan pada konsumen mahasiswa di Yogyakarta.
Kuesioner digunakan sebagai data primer dan didukung oleh data sekunder
yang diperlukan, baik melalui literatur maupun jurnal. Penelitian ini menggunakan
analisis rata-rata dan anova. Analisis rata-rata digunakan untuk mengetahui variabel
motivasi yang paling dominan. Sedangkan anova digunakan untuk menguji apakah
ada perbedaan motivasi konsumen dalam memilih komputer rakitan berdasarkan uang
saku/penghasilan.
Hasil dari penelitian ini adalah harga merupakan motivasi konsumen yang
paling dominan dalam memilih komputer rakitan dan ada perbedaan motivasi
konsumen dalam memilih komputer rakitan berdasarkan uang saku/penghasilan.
Collections
- Economics [2138]