Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Perspektif Ekonomi Islam (Studi Mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII 2012)
Abstract
Sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta banyak ditinggali oleh masyarakat yang berasal dari berbagai macam daerah guna melakukan studi. Universitas Islam Indonesia salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki mahasiswa dari berbagai kalangan lingkungan sosial. Salah satu dari jurusan yang ada pada Perguruan Tinggi ini adalah Ekonomi Islam yang termasuk dalam Fakultas Ilmu Agama Islam. Dapat terbaca dari sudut pandang nama bahwa lingkungan kampus ini berada dalam lingkungan sosial yang Islami. Karena manusia hidup pada suatu lingkungan, sehingga perilaku yang terbentuk pada manusia secara tidak langsung terpengaruh oleh lingkungannya, termasuk pada perilaku kosumsi seorang mahasiswa pada lingkungan ini. Sehingga penelitian ini menganalisis apakah dari lingkungan sosial yang Islami dengan berbagai latar belakang lingkungan sosial individu yang berbeda telah tercermin dalam perilaku konsumsi pada mahasiswa Ekonomi Islam, khususnya angkatan 2012 dan bagaimana pengaruh lingkungan sosial mahasiswa terhadap perilaku konsumsi perspektif ekonomi Islam.
Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil sampel responden dengan metode purposive sampling, pengumpulan datanya dengan kuesioner, dan pengolahannya menggunakan teknik analisis linier berganda.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa perilaku konsumsi mahasiswa Ekis FIAI UII 2012 telah memenuhi prinsip akidah dan amaliah, serta spiritual, namun belum sepenuhnya memenuhi prinsip kesederhanaan. Berdasarkan uji t, bahwa variabel kelompok anutan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumsi Islami mahasiswa Ekis FIAI UII 2012, karena nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel yaitu 0.728 < 2.011. Besar t hitung untuk variabel keluarga sebesar 2.506, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara keluarga terhadap perilaku konsumsi Islami mahasiswa. Hasil pengujian pengaruh variabel bebas secara simultan diketahui variabel kelompok anutan dan keluarga secara bersama–sama tidak memiliki pengaruh terhadap variabel perilaku konsumsi Islami. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,133, artinya 13,3% perilaku konsumsi Islami mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII 2012 dipengaruhi keluarga.
Collections
- Law [2308]