Prediksi Lalu Lintas Pada Jalan Imogiri Utara Untuk 10 Tahun Mendatang
Abstract
Ketidak seimbangan kebutuhan sarana dan tingkat layanan transportasi
menjadi suatu permasalahan umum yang harus dihadapi oleh system transportasi
perkotaan. Untuk mencapai pelayanan secara optimal maka PEMDA Yogyakarta
akan membangun terminal tipe A di dipersimpangan Jalan Imogiri dengan Ring
Road Lingkar Selatan. Dengan melihat permasalahan yang mungkin diakibatkan
oleh pembangunan Terminal Giwangan, maka dilakukan analisa untuk
memprediksi perilaku arus lalu lintas di JL Imogiri Utara sampai dengan tahun
2012.
Untuk menganalisisnya digunakan metode penentuan subyek, metode studi
pustaka, dan metode inventarisasi data dengan panduan MKJI (1997). Metode
inventarisasi data sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu pengumpulan data
primer (kondisi geometrik jalan dan pencacahan volume lalu lintas) dan data
sekunder (jumlah penduduk, jumlah kendaraan). Setelah semua data diperoleh
selanjutnya dianalisis.
Dari hasil analisis diperoleh pertumbuhan penduduk sebesar 1,002 % per
tahun, pertumbuhan pemilikan kendaraan sebesar 4,27877 % per tahun, jumlah
arus lalu lintas dengan terminal pada tahun 2012 sebesar 1.196,49 smp jam, dan
hambatan samping dengan frekwensi berbobot sebesar 463,5922. Dengan hasil
data tersebut maka Jalan Imogiri untuk tahun 2012 mendatang masih mampu
menampung dan melayani lalu lintas yang melewatinya, sebab nilai DS yang
disyaratkat dalam MKJI (1997) adalah 0,75 sedangkan nilai DS yang didapat
sebesar 0,3593613.
Collections
- Civil Engineering [4205]