Pengaruh Kondisi Tanah Setempat Terhadap Kerusakan Jalan Kasongan Kasihan
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan memeriksa kondisi tanah Sub grade
pada ruas jalan Kasongan -Kasihan. Tanah Sub grade yang diteliti terletak di
kanan dan kiri jalan tersebut. Penelitian ini terbagi dalam dua bagian, yaitu :
penelitian lapangan dan penelitian laboratorium. Penelitian lapangan meliputi :
pemeriksaan CBR lapangan dengan metode DCP dan pemeriksaan kepadatan
tanah dengan metode Sand Cone. Penelitian laboratorium meliputi: analisa
hidrometer, pemeriksaan batas cair tanah, pemeriksaan batas plastis tanah,
pemeriksaan batas susut tanah, uji pemadatan tanah, pemeriksaan CBR
laboratorium dan pemeriksaan swelling tanah.
Penelitian di lapangan dilaksanakan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan
penelitian di laboratorium. Pelaksanaan penelitian di lapangan dilaksanakan
pada musim hujan, karena pada musim hujan kadar air tanah tinggi, sehingga
tanah berada pada kondisi paling rentan. Berdasarkan penelitian yang kami
laksanakan harga CBR lapangan untuk TS1, TS2, TS3 dan TS4 berturut-turut
adalah :3,0%; 3,6%; 4,0%; 4,1%,. Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan
bahwa nilai CBR sub grade pada ruas jalan tersebut dibawah standar yang
ditetapkan oleh Bina Marga yakni minimal sebesar 5%. Dari keempat titik stasiun
yang diperiksa, prosentase butir yang lolos saringan nomor 200 ternyata lebih
besar dari 35%, untuk masing-masing titik stasiun berturut-turut TS1, TS2, TS3,
dan TS4 sebesar : 60,28%; 75,14%; 75,70%; dan 83,08%. Dari hasil
pemeriksaan batas cair tanah diperoleh hasil TS1 =48,39 TS2=50,48; TS3=52,18
dan TS4= 63,42. Dari hasil pemeriksaan indeks plastisitas tanah diperoleh
TS1 =19,45; TS2=19,99, TS3= 25,57dan TS4 29,75. Dari hasil pemeriksaan di
atas dapat disimpulkan bahwa tanah di lokasi penelitian, berdasarkan klasifikasi
tanah menurut AASHTO termasuk dalam kelompok A-7yaitu tanah lempungan.
Collections
- Civil Engineering [4192]