Evaluasi Nilai Struktural dan Perancangan Tebal Lapis Tambahan (Overlay) Studi Kasus Ruas Jalan Bibis - Bangun Jiwo Sta 3+000 Sampai Dengan Sta 4+400
Date
2004Author
Citra Hartati Lazuardi, 99511390
Wa Ode Nurhuma, 99511355
Metadata
Show full item recordAbstract
Ruas jalan Bibis - Bangun Jiwo yang berada dalam wilayah Daerah Istimewa
Yogyakarta dan berada dalam wilayah kabupaten Bantul merupakan jalan penghubung
antara daerah perkotaan dan daerah luar kota. Jalan ini perlu dievaluasi, mengingat
banyak ditemui kerusakan - kerusakan pada jalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk identiflkasi kinerja perkerasan jalan dengan mencari nilai Present
Serviceability Index (PSI), evaluasi kondisi struktural perkerasan berdasarkan lendutan
balik jalan dan perancangan lapis keras tambahan (overlay).
Pengukuran PSI dilakukan pada tiap segmen, yaitu setiap 100m panjang jalan,
sedangkan untuk mengukur kondisi struktural perkerasan yaitu diukur lendutan balik
yang terjadi pada ruas jalan tersebut dengan menggunakan alat Benkelman Beam.
Pengukuran lendutan balik jalan dilakukan setiap 100m panjang jalan, selanjutnya dari
hasil pengukuran lendutan balik jalan dapat ditentukan tebal overlay. Perancangan tebal
overlay digunakan metode Bina Marga 1983.
Dari hasil penelitian didapat nilai PSI rata-rata sebesar 1,39 dengan rating
POOR. Hasil pengolahan nilai lendutan balik yaitu pada segmen 1 sebesar 1,77736 mm,
segmen 2 sebesar 1,7041 mm, dan pada segmen 3 memiliki nilai lendutan terbesar yaitu
2,0093 mm. Evaluasi berdasarkan nilai lendutan balik jalan didapat lendutan yang
terjadi pada segmen 1 dan 2 masih dibawah lendutan ijin tetapi nilai PSI pada segmen
tersebut menunjukkan perlu adanya overlay untuk meningkatkan kenyamanan pelayanan
jalan. Padasegmen 3 lendutan yang terjadi telah melebihi lendutan balik yang diizinkan.
Untuk meningkatkan kekuatan struktur jalan pada segmen 3 diperlukan overlay setebal
4,5 cm Asphalt Concrete (AC).
Collections
- Civil Engineering [4192]