Integrasi SMK Kelautan dan Pusat Komunitas Nelayan di Kaimana "Pendekatan Kampung Nelayan di Teluk Etna Sebagai Dasar Perancangan"
Abstract
SMK Kelautan di Kaimana merupakan wadah untuk melakukan kegiatan
pendidikan formal. Untuk menjawab permasalahan kurangnya pendidikan
di komunitas nelayan dan masyarakat kaimana pada umumnya yang ingin
mendapatkan ilmu pengetahuan di sektor Kelautan. SMK kelautan ini merupakan
suatu wadah untuk kegiatan yang formal tetapi juga harus dapat memberikan
pendidikan informal kepada komunitas nelayan yang ada di Kaimana.Sehingga
akan memunculkan fungsi dan kegiatan yang berbeda di dalam satu wadah yang
sama. Permasalahan yang diperkirakan akan muncul dan diselesaikan adalah
terkait dengan konflik ruang privat untuk belajar mengajar formal dan ruang
public untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada kelompok komunitas nelayan
dengan sifat informal dan lebih bebas yang berada disatu area. Selain itu bentuk
bangunan yang digunakan harus dapat membuat para nelayan merasa nyaman dan
betah untuk mendapatkanilmu, serta ada tantangan lain juga yang berkaitan
dengan layout sirkulasi untuk mewadahi semua kegiatan namun dapat diakses
oleh semua pengguna bangunan tanpa mengganggu kegiatan formal yang bersifat
lebih privat. Metoda perancangan yang digunakan dalam perancangan SMK
Kelautan dan Pusat Komunitas Nelayan ini adalah dengan cara membandingkan dan
tranformasi pola keruangan dan bentuk bangunan yang ada dikampung nelayan
dengan pola SMK Kelautan yang dijadikan referensi
perancangan. Dengan demikian akan didapatkan pola keruangan dan bentuk
bangunan yang digunakan pada rancangan SMK Kelautan dan Pusat Komunitas
Nelayan dikaimana.
Katakunci:SMK Kelautan, Integrasi, Pusat Komunitas, Nelayan
Collections
- Architecture [3648]