Pengaruh Variasi Tambahan Jumlah Tumbukan yang Telah Ditentukan pada Campuran Hotrolled Sheet (HRS) Tipe B pada Kadar Aspal Optimum terhadap Karakteristik Marshall
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh variasi tambahan jumlah
tumbukan yang telah ditentukan pada campuran Hot Rolled Sheet (HRS) tipe B pada
kadar aspal optimum terhadap karakteristik Marshall. Penelitian dilakukan untuk
mengetahui seberapa jauh pengaruh over compaction terhadap kinerja campuran
Hot Rolled Sheet (HRS) tipe B pada kadar aspal optimum sehingga didapatkan suatu
analisis tentang proporsi yang ideal dan campuran Hot Rolled Sheet (HRS) tipe B
terhadap pengaruh jumlah tumbukan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan
metode Marshall Test dengan melakukan simulasi pemadatan yang lebih besar dari
pemadatan standar (2x75 tumbukan). Variasi jumlah tumbukan yang dilakukan
dalam penelitian adalah 2x75, 2x100, 2x125, 2x150, 2x175, 2x200 pada kadar aspal
optimum. Selanjutnya dilakukan pengkajian dengan spesifikasi Bina Marga 1998
terhadap parameter Density, Stabilitas, Void Mineral Agregat (VMA), Void Filled
With Asphalt (VFWA), Void In The Mix (VITM), Flow, dan Marshall Quotient (MQ)
untuk mengetahui pengaruh pemadatan lanjutan terhadap campuran Hot Rolled
Sheet (HRS) tipe B.
Hasil penelitian ini menunjukkan penambahan jumlah tumbukan pada kadar aspal
optimum 6,2% akan menyebabkan perubahan nilai Density naik rerata sebesar
0,5%, nilai Void in Mineral Agreggate (VMA) turun rerata 2,1%, nilai Void Filled
With Asphalt (VFWA) naik rerata sebesar 2,5%, nilai Void in The Mix (VITM) turun
rerata sebesar 11%, nilai Stabilitas naik rerata sebesar 5,1%, nilai Flow turun
rerata sebesar 3,4% dan nilai Marshall Quotient naik rerata sebesar 6,1%). Variasi
jumlah tumbukan yang memenuhi persyaratan Bina Marga 1998 adalah pada
tumbukan 2x75, 2x100, 2x125. Jumlah tumbukan optimal adalah pada tumbukan
2x100 dengan nilai Density 2,328 gr cc, Stabilitas 1852,40 kg, VMA 18,206%, VITM
4,325%, VFWA 76,323%, Flow 3,88 mm, MQ478,072 kg mm.
Collections
- Civil Engineering [4205]