Show simple item record

dc.contributor.authorYulia Dian Sari, 99512148
dc.date.accessioned2020-06-08T05:53:23Z
dc.date.available2020-06-08T05:53:23Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21132
dc.description.abstractPentingnya pendidikan prasekolah bagi anak usia dini sangat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Di jaman yang makin kompotetif seperti sekarang ini kesibukan para orang tua mempengaruhi faktor pendidikan bagi anak. Banyak dari orangtua yang memahami akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, tetapi keterbatasan sarana pendidikan anak prasekolah di D.I.Y ini yang menjadi salah satu masalah bagi orang tua untuk menentukan sekolah bagi anaknya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu wadah yang dapat menampung aktivitas dari anak usia prasekolah. Lokasi site terletak pada zona pendidikan yang berada dekat dengan perumahan penduduk dan memiliki aksesbilitas yang mudah dijangkau, baik kendaraan umum, pribadi maupun pejalan kaki. Karakter gerak anak usia prasekolah diangkat menjadi tema dalam memilih konsep perancangan desain. Dari bermacam karakter gerak anak, karakter gerak aktif dan tak beraturan dijadikan konsep perancangan. Untuk kelompok bermain dan taman kanak-kanak usia 3 sampai 7 tahun. Karakter ini dipilih karena kecenderungan anak usia prasekolah yang bergerak sangat aktif, tak terarah dan tidak beraturan. Setiap kebutuhan ruang yang diperlukan disesuaikan dengan karakter anak yang aktif dan tak beraturan dalam hal ini terutama pada pola tata ruang dan sirkulasi. Pola tata ruang dan sirkulasi yang dibuat aktif dan tak beraturan disesuaikan dengan gerak anak, supaya dapat meningkatkan kreativitas dan daya fikir anak untuk lebih maiu lagi serta mampu memberi rasa aman dan nyaman bagi anak. Bentuk - bentuk dasar bangunan tidak terlepas dari konsep. Melalui beberapa proses didapat bentuk yang sesuai dengan konsep, yang digunakan pada desain bangunan seperti site plan, denah dan tampak. Penggunaan warna disesuaikan dengan konsep sehingga dipergunakan warna-warna cerah dan menyala, begitu juga dengan penggunaan tekstur kasar dan halus yang mencerminkan keaktifan dan ketidak beraturan gerak anak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKelompok Bermainen_US
dc.subjectTaman Kanak-Kanak di D.I.Yen_US
dc.subjectKarakteristik Gerak Anaken_US
dc.subjectKonsep Perancanganen_US
dc.titleKelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak di DIY Karakteristik Gerak Anak sebagai Konsep Perancanganen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record