dc.description.abstract | Dalam pendidikan anak sekarang lebih melihat potensi dalam konteks multiple
intelligence mereka. Hal itu untuk memberikan landasan yang kuat untuk mengembangkan
kemampuan yang luas di dalam diri setiap anak. Bagaimana melatih otak untuk mempelajari
hal-hal yang baru yang dipengaruhi oleh lingkungan fisik sekitarnya.
Lingkungan fisik mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak untuk
bereksplorasi dan belajar, selain aktivitas yang lain. Kreativitas anak dapat dikembangkan
melalui permainan, sebagai sarana pengukur kemampuan dan potensi diri. Pentingnya
dorongan panca indera untuk belajar, atau pentingnya tantangan atau rasa ingin tahu
sehinqga dapat mendorong gairah belajar pada anak.
Untuk melakukan eksplorasi, belajar, bermain serta berpetualang sehingga timbul
rasa ingin tahu, tantangan dan mendorong gairah atau semangat belajar pada anak. Oleh
karena itu dibutuhkan suatu wadah yang dapat menampung semua kegiatan sesuai dengan
kebutuhan dan fungsinya sehingga memungkinkan anak untuk berekspiorasi dengan aman
yang menggabungkan pendidikan dan petualangan berdasar atas multiple intelligence anak
sehingga sesuai dengan kebutuhan dan juga fungsional.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung baik ke lokasi
proyek di Bukit Semarang Baru, ke beberapa playgroup dan taman kanak-kanak. Teori dan
studi literatur untuk mengetahui proses penyelesaian atas permasalahan yang dikemukakan
yaitu kebutuhan ruang yang dibutuhkan sesuai dengan multiple intelligence dan fungsional.
Setelah melalui berbagai tahapan dalam penulisan ini memperlihatkan bahwa
perancangan dari Adventure Corner for Kids yang baik sangat penting. Bangunan yang baik
adalah yang memperhatikan faktor kebutuhan dari pengguna bangunan itu sendin sehingga
dapat menjadi fungsional agar dapat memberi kemudahan pengguna dalam bangunan. | en_US |