Show simple item record

dc.contributor.authorSolimin, 00511028
dc.contributor.authorIndiyoko Narusianto, 00511152
dc.date.accessioned2020-06-04T13:14:13Z
dc.date.available2020-06-04T13:14:13Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21029
dc.description.abstractPertemuan sebidang antara lintasan kereta api dengan jalan merupakan bentuk pertemuan yang sering menimbulkan masalah, yang terjadi pada saat pintu lintasan kereta api menutup. Secara langsung hal tersebut akan menimbulkan antrian yang kemudian secara otomatis tundaan juga akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan dengan menggunakan teori Shock Wave dapat digunakan untuk menganalisis panjang antrian dan tundaan pada pertemuan sebidang dengan lintasan kereta api. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Mojo, Baciro, Yogyakarta yang mempunyai arus lalu lintas yang cukup padat. Dari penelitian ini didapatkan hubungan antara kecepatan (u) dan kepadatan (k) adalah us = 30,67 - 0,249 k, Arus (q) dan Kecepatan (u) adalah q = 129,93 us - 4,01 us² dan Arus (q) dan Kepadatan (k) adalah q = 30,67k- 0,249 k², sehingga dengan pendekatan metode Shock Wave didapatkan nilai rata - rata panjang antrian akibat penutupan pintu lintasan kereta api sebesar 48,07 meter dan tundaan rata - rata sebesar 2,48 menit / kendaraan, sementara hasil yang didapatkan dari pengamatan di lapangan untuk rata - rata panjang antrian akibat penutupan pintu lintasan kereta api adalah sebesar 14,57 meter dan tundaan rata - rata sebesar 0,24 menit / kendaraan. Setelah dianalisis dengan uji T kesimpulannya adalah bahwa kedua kelompok data tersebut berbeda secara signifikan. Untuk hubungan antara lama penutupan pintu lintasan kereta api dengan panjang antrian diwakili oleh persamaan y = - 1,4656x + 129,73 dan untuk hubungan lama penutupan pintu lintasan kereta api dengan tundaan diwakili oleh persamaan y = - 0,0167x + 1,5546. Namun demikian berdasarkan uji F, kedua persamaan tersebut memiliki tingkat signifikansi yang rendah. Hal ini berarti antara panjang antrian dan tundaan tidak memiliki hubungan linear dengan penutupan pintu lintasan kereta api. Kata kunci : Shock Wave, Panjang Antrian, Tundaanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengaruh Lama Penutupanen_US
dc.subjectPintu Kereta Apien_US
dc.subjectPanjang Antrianen_US
dc.subjectTundaan Kendaraanen_US
dc.subjectAplikasi Teorien_US
dc.subjectGelombang Kejuten_US
dc.subjectRuas Jalan Mojoen_US
dc.subjectBaciro Yogyakartaen_US
dc.titlePengaruh Lama Penutupan Pintu Kereta Api terhadap Panjang Antrian dan Tundaan Kendaraan : Aplikasi Teori Gelombang Kejut pada Ruas Jalan Mojo Baciro Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record