Show simple item record

dc.contributor.authorSabariman, 96310247
dc.contributor.authorEpribony Hermansyah, 96310263
dc.date.accessioned2020-05-28T07:02:56Z
dc.date.available2020-05-28T07:02:56Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20817
dc.description.abstractJalan Jogja -Wonosari merupakan jalan yang berfungsi sebagai penunjang aspek ekanomi dan pembangunan nasional, sehingga perlu perawatan dan perbaikan terhadap kerusakan jalan untuk mengembalikan fungsi jalan. Sebelum dilakukan perawatan dan perbaikan kerusakan jalan perlu dilakukan evaluasi terhadap kondisi jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kerusakan dan penyebabnya, dengan cara mencari nilai PCI berdasarkan metode FAA dan nilai PSI berdasarkan metode AASTHO road test 1962. Penelitian kerusakan jalan dengan metode FAA dilakukan dengan cara menentukan bagian jalan yang akan disurvei yaitu jalan Jogja - Wonosari dengan panjang jalan 9,060 km, lalu membaginya dengan segmen-segmen dengan ukuran masing-masing 500 m x 7 m, kemudian mengamati setiap segmen dengan kriteria kerusakan pada segmen tersebut. Nilai Present Serviceability Index (PSI) diperoleh dengan cara mengukur kerusakan jalan dengan parameter menurut AASTHO Road Test 1962. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 12 jenis kerusakan dari 16 jenis kerusakan yang terdapat pada nilai PCI. Terdapat 5 jenis kerusakan dengan kadar kerusakan tertinggi yaitu aligator cracking, block cracking, long & transversal cracking, corrugation, dan rutting. Berdasarkan macam dan jenis kerusakan yang ada, penyebab kerusakan ditinjau secara teoritis disebabkan oleh penurunan yang berlebihan pada tanah dasar, pembebanan yang melehihi kapasitas perkerasan, perencanaan lapis perkerasan dan sistem drainasi. Nilai PCI terbesar = 60 (good) pada segmen 3, dan nilai PCI terkecil = 17,3 (very poor) pada segmen 17, sedangkan nilai PSI terbesar = 4,06 (very good) pada segmen 8, dan nilai PSI terkecil = 1,72 (poor) pada segmen 17. Nilai PCIrata-rata = 42,8 (fair) dan nilai PSIrata-rata = 3,34 (good). Dengan nilai PSI = 3,34 yang lebih rendah dari rencana sebesar 3,7, maka perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan untuk mengembalikan fungsi jalan seperti yang direncanakan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Nilaien_US
dc.subjectPavement Condition Index (PCI)en_US
dc.subjectPresent Serviceability Index (PSI)en_US
dc.subjectPerkerasan Lentur Jalanen_US
dc.subjectStudi Kasusen_US
dc.subjectJalan Jogja - Wonosari Tahun 2003en_US
dc.titleEvaluasi Nilai Pavement Condition Index (PCI) dan Present Serviceability Index (PSI) pada Perkerasan Lentur Jalan (Studi Kasus Jalan Jogja - Wonosari Tahun 2003)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record