Show simple item record

dc.contributor.authorMichael Budi Nauli, 97511023
dc.contributor.authorMuslih Efendi, 97511028
dc.date.accessioned2020-05-26T05:54:06Z
dc.date.available2020-05-26T05:54:06Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20763
dc.description.abstractDi dunia jasa kontruksi diketahui bahwa dalam setiap tender atau pelelangan selalu terjadi persaingan yang sangat ketat di antara beberapa perusahaan jasa konstruksi. Mereka saling berlomba-Iomba untuk memenangkan pelelangan dengan strateginya masing-masing. Tentu saja untuk memenangkan pelelangan itu setiap jasa konstruksi yaitu PT. Putra Daya Perkasa dari Batang, Jawa Tengah, mempunyai rencana dan strategi sendiri dalam mengajukan penawaranpenawaran pelelangan. Selanjutnya data-data yang didapat dianalisis untuk mencari besamya nilai mark-up, Nilai Harapan Optimal (NHO), dan probabilitas. Setelah nilai-nilai tersebut diketahui, maka dapat dibuat grafik untuk memperjelas dan mengetahui hubungan yang terjadi di antara nilai-nilai mark-up, NHO dan harga penawaran. Dari 15 contoh tender serta dari data-data lain yang didapat dari PT. Putra Daya Perkasa seperti owner estimate(OE) masing-masing proyek dan juga data nilai yang sedang dikerjakan sekarang (NPSK) akan dianalisis dengan menggunakan rumus umum statistik . Setelah dianalisis diperoleh basil yakni PT PDP menggunakan strategi nilai mark-up yang diterapkan antara 14,80% -16,87%. Selain itu diketahui Nilai Harapan Optimal yang mereka terapkan yaitu antara 9,01% - 10,12%. Sedangkan probabilitasnya adalah 0,400 & 0,600. Dan nilai yang diterapkan oleh para rekanan adalah antara; untuk mark-up; 14,82-17,28. untuk nilai NHO nya adalah; 9,02-10,37 dan nilai probabilitasnya adalah ; 0,400 & 0,600. Kemudian dapat diketahui juga hubungan antara mark-up, NHO, HP. Untuk mark-up dan NHO, hubungan yang didapat, semakin tinggi nilai NHOnya maka semakin tinggi nilai mark-upyya. Untuk mark-up dan HP, semakin tinggi nilai HP nya maka belum tentu semakin tinggi nilai mark-up nya,begitu juga sebaliknya. Untuk NHO dan HP hubungan yang didapat semakin tinggi nilai HP nya maka belum tentu semakin tinggi pula nilai NHO nya,begitu pula sebaliknya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Penawaran Pelelanganen_US
dc.subjectStudi Kasusen_US
dc.subjectPT. Putra Daya Perkasaen_US
dc.subjectMenggunakan Rumus Umum Statistiken_US
dc.titleStrategi Penawaran pada Pelelangan Studi Kasus pada PT. Putra Daya Perkasa dengan Menggunakan Rumus Umum Statistiken_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record