ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS : UMKM NAMIRA’S CAKE AND BAKERY)
View/ Open
Date
2019-11-08Author
Hikmah Nadhillah Putri Airlangga, 15522092
Metadata
Show full item recordAbstract
Blue Ocean Strategy adalah sebuah strategi yang menawarkan suatu konsep baru dimana
sebuah perusahaan mencari daerah baru yang belum dimasuki oleh competitor sama
sekali,sehingga perusahaan dapat bersaing dengan cara yang baik karena daerah yang
dimasuki oleh perusahaan adalah daerah yang bebas pesaing. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui dan menjelaskan lingkungan eksternal dan internal melalui analisis SWOT,
bagaimana penerapan Blue Ocean Strategy dalam meningkatkan penjualan dan unggul
dalam bersaing, sehingga dapat diterapkan untuk kelancaran bisnis di masa yang akan
datang. Dari hasil penelitian ini berdasarkan kerangka kinerja empat langkah yaitu,
variabel yang harus dihapus yaitu promosi di media sosial, variabel yang harus ditingkatkan
yaitu dekorasi toko, variabel yang harus dikurangi yaitu harga yang ditawarkan, serta
variabel yang diciptakan yaitu penambahan varian, promosi menarik pelanggan, dan
layanan pesan antar. Perusahaan berada di kuadran I yang berarti perusahaan berada di
situasi yang menguntungkan. Perusahaann tersebut memiliki kekuatan dan peluang sehingga
dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini
adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).
Adapun gerakan menjauh yang dilakukan yaitu penambahan varian, dimaksudkan agar
konsumen tidak bosan dan dapat mencoba berbagai macam varian baru di Toko Roti
Namira. Selain itu juga terdapat promosi menarik bagi pelanggan, hal ini tentunya akan
memikat banyak konsumen untuk membeli produk dari Toko Roti Namira. Sedangkan
variabel terakhir yaitu terdapat layanan pesan antar yang memudahkan konsumen untuk
tetap dapat menikmati produk dari Toko Roti Namira dengan berbagai kesibukan yang
dialami.
Collections
- Industrial Engineering [2224]