Show simple item record

dc.contributor.advisorDhomas Hatta Fudholi, S.T., M.Eng., Ph.D
dc.contributor.authorNurcholis Ainul Rafiq Tri, 13523175
dc.date.accessioned2020-05-07T09:02:03Z
dc.date.available2020-05-07T09:02:03Z
dc.date.issued2019-12-12
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20331
dc.description.abstractGempa bumi merupakan aktivitas tektonik akibat getaran dan guncangan di bawah permukaan bumi. Sejak tahun 1815 hingga 2019, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia mencatat, gempa bumi yang terjadi di Indonesia telah menyebabkan 16.013 orang meninggal dan hilang, 73.428 orang luka-luka, 3.479.243 orang mengungsi, dan 210.883 rumah mengalami rusak berat. Besarnya kerugian tersebut disebabkan, salah satunya, karena belum maksimalnya instrumen penanggulangan gempa bumi yang ada. Salah satu komponen penting dalam penanggulangan gempa bumi, mengutip Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007, adalah proses distribusi pengetahuan gempa bumi yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Penelitian ini membahas perancangan chatbot untuk memberikan informasi gempa bumi kepada pengguna. Chatbot merupakan aplikasi yang berjalan di atas medium aplikasi chat dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pengguna. Ide penggunaan chatbot dipilih karena, menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, aplikasi chat merupakan jenis aplikasi yang digunakan oleh hampir seluruh pengguna internet di Indonesia. Chatbot yang penulis rancang dapat memberikan tiga jenis informasi kepada pengguna. Yaitu, informasi pengetahuan, riwayat, serta berita terbaru gempa bumi di Indonesia. Manajemen dialog chatbot dibangun dengan menggunakan Finite State Machine. Identifikasi maksud masukan pengguna dilakukan menggunakan Information Retrieval. Hasil pengujian usability menggunakan metode Chatbot Usability Questionnaire, secara holistik, mendapatkan hasil di atas standar usability chatbot dengan median sebesar 57,14 dan rerata sebesar 59,55. Meski begitu, masih terdapat dua topik pengujian dengan nilai di bawah standar. Pertama, topik tentang bagaimana pengguna merasakan “sense of human” dari chatbot. Kedua, topik tentang bagaimana chatbot dapat menangani kesalahan ejaan pada masukan pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectchatboten_US
dc.subjectgempa bumien_US
dc.subjectfinite state machineen_US
dc.subjectinformation retrievalen_US
dc.subjectchatbot usability questionnaireen_US
dc.titlePERANCANGAN APLIKASI INFORMASI GEMPA BUMI BERBASIS CHATBOTen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record