Perilaku Mekanik Paving Block dengan Bahan Tambah Limbah Katalis sebagai Pengganti Sebagian Semen
Abstract
Pemanfaatan spent catalyst dalam campuran paving block merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan paving block yang diharapkan secara ekonomis dan berkualitas. Dengan pemanfaatan spent catalyst diharapkan tercapai dua hal yaitu penyelamatan lingkungan dan kualitas ekonomis yang semakin baik.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan spent catalyst pada campuran bahan susun paving block dan mengetahui pengaruh persentase penambahan spent catalyst sebagai pengganti sebagian semen secara kualitas dan secara ekonomis. Dalam penelitian ini digunakan lima variasi untuk masing-masing paving block dengan empat tipe menggunakan penambahan spent catalyst sebagai pengganti sebagin semen 10% sampai 25% dengan interval 5%, dan paving block tanpa campuran spent catalyst dengan jumlah sampel 5 buah untuk tiap tipe.
Penggantian sebagian semen dengan spent catalyst memberikan hasil koot desak dan kuat geser yang semakin menurun, hal ini disebabkan karena spent catalyst tidak mempunyai sifat hidrolis (bereaksi jika dicampur dengan air) seperti halnya sifat semen, walaupun spent catalyst memiliki bentuk dan komposisi kimia yang hampir sama dengan semen, sehingga penambahan spent catalyst dengan mengurangi sebagian semen justru akan mengurangi kekuatan paving block baik kuat desak maupun kuat gesemya.
Collections
- Civil Engineering [4195]