Show simple item record

dc.contributor.advisorKholid Haryono, S.T., M.Kom.
dc.contributor.authorPrabowo Yoga Wicaksana, 16523128
dc.date.accessioned2020-05-04T23:56:36Z
dc.date.available2020-05-04T23:56:36Z
dc.date.issued2020-01-17
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20187
dc.description.abstractKurang maksimalnya hasil belajar yang didapatkan siswa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah sistem pembelajaran yang masih menyajikan soal yang sama kepada semua siswa. Sedangkan masing-masing siswa mempunyai perbedaan individual dalam menerima pembelajaran. Perbedaan ini didasari oleh pengetahuan (knowledge), ketertarikan (interest), tujuan dan tugas (goals and tasks), latar belakang (background), sifat pengguna (individual traits), dan konteks kerja (context of work) dari pengguna yang berbedabeda. Sistem pembelajaran adaptif bisa menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Penelitian ini mengembangkan sistem pembelajaran adaptif untuk siswa SMA yang dapat digunakan sebagai solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan metode waterfall. Penelitian ini juga melakukan pengujian dampak dari sistem tersebut dengan cara membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan sistem pembelajaran adaptif (experimental group) dan siswa yang tidak menggunakan sistem pembelajaran adaptif (control group). Dari penelitian ini didapatkan bahwa experimental group mendapatkan nilai rata-rata 69,79. Sedangkan control group mendapatkan nilai rata-rata 67,70.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectsistem pembelajaran adaptifen_US
dc.subjecte-learningen_US
dc.subjectwaterfallen_US
dc.subjectSMAen_US
dc.titleSISTEM PEMBELAJARAN ADAPTIF UNTUK SISWA SMAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record