dc.contributor.advisor | Kholid Haryono, S.T., M.Kom. | |
dc.contributor.author | Prabowo Yoga Wicaksana, 16523128 | |
dc.date.accessioned | 2020-05-04T23:56:36Z | |
dc.date.available | 2020-05-04T23:56:36Z | |
dc.date.issued | 2020-01-17 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/20187 | |
dc.description.abstract | Kurang maksimalnya hasil belajar yang didapatkan siswa dipengaruhi oleh berbagai
macam faktor, salah satunya adalah sistem pembelajaran yang masih menyajikan soal yang
sama kepada semua siswa. Sedangkan masing-masing siswa mempunyai perbedaan individual
dalam menerima pembelajaran. Perbedaan ini didasari oleh pengetahuan (knowledge),
ketertarikan (interest), tujuan dan tugas (goals and tasks), latar belakang (background), sifat
pengguna (individual traits), dan konteks kerja (context of work) dari pengguna yang berbedabeda.
Sistem
pembelajaran
adaptif
bisa
menjadi
salah
satu
solusi
untuk
permasalahan
tersebut.
Penelitian
ini mengembangkan sistem pembelajaran adaptif untuk siswa SMA yang dapat
digunakan sebagai solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan metode waterfall.
Penelitian ini juga melakukan pengujian dampak dari sistem tersebut dengan cara
membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan sistem pembelajaran adaptif
(experimental group) dan siswa yang tidak menggunakan sistem pembelajaran adaptif (control
group). Dari penelitian ini didapatkan bahwa experimental group mendapatkan nilai rata-rata
69,79. Sedangkan control group mendapatkan nilai rata-rata 67,70. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | sistem pembelajaran adaptif | en_US |
dc.subject | e-learning | en_US |
dc.subject | waterfall | en_US |
dc.subject | SMA | en_US |
dc.title | SISTEM PEMBELAJARAN ADAPTIF UNTUK SISWA SMA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |