Play Group di Jogjakarta Permainan Lego Sebagai Dasar Perancangan Bangunan Bersuasana Rekreatif dan Edukatif
Abstract
Untuk menghadapi perkembangan jaman yang serba cepat pada saat ini
kita dituntut untuk memiliki kemampuan lebih dalam beradaptasi. Dalam satu
waktu terkadang kita diharuskan mengerjakan lebih dari satu pekerjaan. Untuk
mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan dunia saat ini dibutuhkan
keterampilan dan kemampuan yang serba lebih yang hendaknya dikembangkan
sedini mungkin. Orang tua bertanggung jawab dalam mempersiapkan pendidikan
anak anaknya dalam menghadapi keadaan itu sehingga sedini mungkin
kemampuan pada anak sudah di asah dan dikembangkan.
Satu wadah yang sangat berperan didalamnya adalah Plaly Group. Dalam
Play Group anak dapat dikembangkan daya kreasi dan daya pikirnya sehingga
anak akan lebih siap menghadapi pendidikan formal, biasanya anak yang
mendapatkan pendidikan di Play Group sebelum memasuki pendidikan formal
akan lebih maju dibandingkan dengan anak yang tidak mendapat pendidikan di
Play Group.
Begitu pula di kota Jogjakarta yang memang memiliki tingkat persaingan
ketat dalam dunia pendidikan sehingga Play Group juga banyak tersebar di kota
ini. Namun begitu banyaknya Play Group yang ada di Jogjakarta sudahkan
mempertimbangkan pengguna (anak) yang diwadahinya dalam perancangan
Play Group ini. Untuk memaksimalkan perkembangan daya kreasi dan daya pikir pada
anak maka dibutuhkan wadah/ bangunan yang dirancang khusus untuk anak
serta tidak lupa mempertimbangkan karakteristik anak itu sendiri. Maka dengan
dirancangnya Play Group dengan menerapkan karakteristik permainan lego
pada bangunan diharapkan dapat menciptakan suasana rekreatif dan edukatif
sehingga anak mampu menyerap dengan baik apa yang dipelajarinya karena
anak belajar dengan cara bermain.
Collections
- Architecture [3718]