Show simple item record

dc.contributor.authorBangun Sulistyobudi, 01512018
dc.date.accessioned2020-04-23T08:55:56Z
dc.date.available2020-04-23T08:55:56Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19690
dc.description.abstractTrend yang ada di Solo Baru pada saat ini banyak pengembang perumahan real estate yang berlomba-lomba membangun Rukan (Rumah kantor),dan Ruko (Rumah Toko) dengan sentuhan arsitektur yang menarik. Strategi penggabungkan 2 fungsi yang berbeda diharapkan dapat merangsang masyarakat umumnya dan pengusaha khususnya untuk dapat memanfaatkan rumah pribadi yang sekaligus sebagai sebuah tempat bisnis dengan segala fasilitas yang mendukung yang disediakan oleh pengembang. Permasalahan yang diketengahkan adalah bagaimana mewujudkan bangunan komersial yang dalam hal ini berupa Showroom Mobil dengan pendekatan pada penciptaan fasilitas komersial yang humanis, sehingga perencanaan dan perancangan bangunan Showroom Mobil beserta fasilitasnya dapat memenuhi kebutuhan komersial bagi konsumen dan tetap dapat memberikan suasana kehidupan homy bagi pemilik, keluarga dan karyawan di dalam sebuah area komersial. Skematik desain diarahkan untuk menggali rancangan yang bernuansa humanis. Skema perwilayahan kegiatan dialokasikan melalui pembagian bangunan menjadi masa privat terdiri atas ruang hunian, masa semi privat merupakan wadah dari ruang pengelola/kantor, sedangkan masa bangunan publik merupakan wadah bagi kegiatan komersial. Skema ruang dalam merupakan penggabungan dua massa yang dapat mempertahankan identitasnya masing-masing dan memiliki bagian volume yang saling berkaitan dan menyambung (interlocking). Skema sirkulasi ruang luar menggunakan pola linier dan terpusat dengan open space berfungsi sebagai pusatnya. Entrance bangunan dibagi menjadi 2, main entrance berada pada di sebelah Barat site dan side entrance berada pada sebelah Timur site. Skema tata hijau diolah dengan meletakkan beberapa pohon Norfolk dan pohon Palem kuning pada pinggiran site. Pohon cemara, pohon-pohon kecil pada pedestrian way dan perdu sebagai pembatas. Pengembangan desain adalah hasil akhir dari konsep humanis yang telah disusun. Aplikasi tersebut diungkapkan melalui material dan kesederhanaan bentuk, penempatan taman gantung pada lantai 3, permainan bidang dan garis vertikal - horizontal pada bangunan komersial, serta penggunaan kaca lebar dan bidang polos di sisi lainnya. Penggunaan batu alam pada dinding hunian memberikan kesan alami. Interior menggunakan warna yang lembut agar terkesan "homy".en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSoho: Showroom Mobil di kawasan Solo Baruen_US
dc.subjectFasilitas Komersial yang Humanisen_US
dc.subjectSmall Office Home Officeen_US
dc.subjectCar Showroom In Solo Baruen_US
dc.subjectHumanis Commercial Facilityen_US
dc.titleSoho: Showroom Mobil di kawasan Solo Baru Fasilitas Komersial yang Humanis Small Office Home Office: Car Showroom In Solo Baru Humanis Commercial Facilityen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record