Sanggar Kreativitas Anak di Surakarta Permainan Anak dan Idiom-idiom Karya Michael Graves sebagai Pendekatan Perancangan
Abstract
Kreativitas anak dapat dikembangkan melalui permainan. Permainan
merupakan sarana untuk mengukur kemampuan dan potensi diri anak. Ketika
bermain, anak akan menunjukkan bakat potensi dan kecenderungan-kecenderungannya.
Setiap anak akan menghayati bermacam-macam emosi
seperti kegembiraan, kepuasan dan kebebasan. Permainan juga memberikan
kesempatan untuk mengenal aturan-aturan, mematuhi norma-norma dan
larangan-larangan serta bertindak jujur maupun setia. Dalam permainan, anak
menggunakan semua fungsi kejiwaan dan jasmaniah dengan suasana
kesungguhan.
Sanggar Kreativitas Anak di Surakarta merupakan suatu wadah untuk
mengembangkan kreativitas anak dimana anak dapat merasakan bangunan
yang dapat digunakan untuk bermain. Konsep perancangan disusun dengan
pendekatan permainan anak dan idiom-idiom karya Michael Graves. Permainan
yang digunakan untuk konsep perancangan yaitu: permainan konstruksi, fantasi,
reseptif dan gerak. Semua ruang memberikan kenyamanan baik secara fisik
maupun non fisik serta keamanan dalam menggunakan fasilitas yang disediakan
dan dari gangguan di luar wadah tersebut.
Collections
- Architecture [3648]