Efek Beban Gempa Statik dan Dinamik terhadap Respons Struktur Baja Tiga Bentang Berpengaku Global (Analisis dan Disain)
Abstract
Pada struktur baja yang relatif tinggi dan langsing, tentu saja akan memiliki
respon struktur yang relatif besar, sehingga mengakibatkan hasil disain struktur
yang bertambah besar, hal ini berimplikasi terhadap berkurangnya tingkat
effisiensi dan efektifitas struktur yang didisain. Untuk menanggulangi hal
tersebut, maka perlu penambahan pengekang diagonal (global bracing) yang
dapat memberikan konstribusi yang besar untuk mengurangi besarnya respon
struktur yang terjadi.
Dalam penelitian ini dilakukan analisis struktur baja 3 dimensi dengan global
bracing tipe X sebagai pengekang diagonal. Dalam analisis struktur digunakan
variasi model struktur yang meliputi variasi banyak tingkat dan variasi jumlah
open frame yang ditahan oleh satu global brace frame. Variasi banyak tingkat
yang dipakai adalah 6, 10, 14, 18, dan 22 tingkat, dengan variasi jumlah portal
pada masing-masing tingkat yaitu satu global brace frame menahan dua open
frame (tipe A) dan satu global brace frame menahan tiga open frame (tipe B).
Bangunan direncanakan untuk perkantoran yang terletak di wilayah gempa VI,
dengan menggunakan beban gempa statik ekuivalen berdasarkan code gempa
yang baru (SNI03-1726-2000) dan beban gempa dinamik riwayat waktu (time
history) dengan rekaman gempa Koyna, Elcentro, dan Parkfield masing-masing
secara berturut-turut mewakili frekuensi tinggi, menengah, dan rendah.
Perencanaan elemen struktur menggunakan metode LRFD (Load andResistance
Factor Design).
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan bresing global terbukti dapat
mengurangi respon struktur (simpangan, momen balok, dan momen kolom) baik
akibat beban gempa statik ekuivalen maupun dinamik. Apabila ditinjau dari
berat struktur secara keseluruhan, ternyata penggunaan bresing lebih effektif
dibanding dengan struktur open frame, dimana effektifitas berat struktur tipe A
adalah 25,29% dan untuk tipe B adalah 11,17%. Hal ini menunjukkan bahwa
pada struktur Braced Steel Frame - BSF yang semakin banyak jumlah portal
open frame ditahan oleh satu global bracedframe, perilakunya akan mendekati
struktur Unbraced Steel Frame - USF.
Collections
- Civil Engineering [4192]