dc.description.abstract | Kampus UGM dengan wawasan 2020-nya memiliki peluang yang besar dalam mengembangkan diri
sebagai salah satu universitas yang berkualitas internasional. Pengembangan program pasca sarjana
dan penelitian kemudian menjadi salah satu fokus pengembangan UGM. Sejalan dengan pengembangan
ini, penyediaan hunian untuk mahasiswa berkeluarga yang sebagian besar adalah mahasiswa program
pasca sarjana- menjadi issue yang penting dalam pengembangan program kampus
Namun kerap kali penyediaan hunian yang dikhususkan untuk satu karakter pengguna (dalam penulisan
ini hunian diperuntukkan khusus untuk mahasiswa berkeluarga) memisahkan penghuni dari entitas
kampus lain. Berangkat dari pemikiran ini, pembentukan komunitas dalam lingkungan hunian kemudian
menjadi point utama dalam perencanaan dan perancangan hunian mahasiswa berkeluarga.
Upaya pembentukan komunitas dalam lingkungan sebenarnya sangat dipengaruhi oleh karakter
pengguna lingkungan, faktor budaya dan sosial, namun terdapat beberapa cara yang dapat
mempermudah terjadinya interaksi dalam lingkungan yang memungkinkan upaya pembentukan
komunitas. Dalam penulisan ini, pendekatan desain dilakukan dengan memaparkan beberapa studi
kasus hunian mahasiswa untuk memperoleh aspek desain yang diperlukan dalam upaya pembentukan
komunitas.
Usaha pembentukan komunitas, untuk menyatukan hunian dengan kehidupan kampus dapat dicapai
dengan menciptakan living and learning environment, sehingga hunian tidak hanya menjadi "milik"
penghuninya, namun menjadi milik keseluruhan komunitas kampus. Ruang-ruang komunal, dalam
lingkungan hunian sebagai living and learning environment, kemudian tidak hanya menjadi pelengkap
ruang-ruang hunian, namun didesain secara terintegrasi dengan ruang-ruang hunian yaitu sebagai 'living
room' dalam lingkungan, sehingga lingkungan hunian tidak hanya berfungsi sebagai ruang tinggal namun
juga sebagai ruang pengembangan potensi penghuninya, sekaligus sebagai wadah interaksi aktif dengan
entitas kampus dan lingkungan sekitarnya melalui fasilitas yang ada, dan pada akhirnya mampu
mendukung serta mengembangkan sinergi dan aktifitas entitas kampus. | en_US |