dc.contributor.author | Ari Arista Arsad, 95340115 | |
dc.date.accessioned | 2020-04-08T14:20:16Z | |
dc.date.available | 2020-04-08T14:20:16Z | |
dc.date.issued | 2001 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/19233 | |
dc.description.abstract | Anak adalah manusia yang secara memerlukan peningkatan perkembangan, baik berupa perkembangan jasamani maupun rohani. Dalam hal memberi
bimbingan pendidikan dasar pada anak harus ada pendidikan umum maupun
agama. Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah adalah solusi yang sangat cocok sebab
terdapat pendidikan umum dan agama Islam sebagai program kurikulum yang
diajarakan pada anak. Selain itu ada pengembangan yang membantu anak dalam
kegiatan bakat dan kreativitas agar bisa menghasilkan anak yang berilmu,
bertaqwa . Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Unggulan ingin mewujudkan sebuah
lembaga pendidikan yang mampu menjalankan perkembangan kreativitas anak
sesuai dengan karakteristik kreativitas anak.
Dalam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Unggulan dapat
berhasil dalam proses program pembelajaran dengan cara sistem kognitif.
Mengingat dan berpikir merupakan inti dari kognitif yang berpengaruh pada
kemampuan belajar, gaya belajar, daya fanatasi. Faktor yang lain juga berperan
adalah sensorik dan motorik (bergerak dan menggerakan) dalam pendidikan dasar
umum daya tangkap anak sering ingat dan lupa untuk dalam hal belajar dan
mengajar, cara tersebut dapat membantu untuk dapat berkembang.
Unsur motorik dan kognitif pada bangunan ini dengan memasukan
elemen-elemen unsur bentuk dasar (segj tiga, segi empat dan lingkaran) sebagai
pembentuknya, serta mentransformasikan bahan yang bisa memberikan suasana
atraktif. Untuk mengamplikasikan sifat inovatif pada Madrasah Ibtidaiyah dengan
membentuk jenis ruang kelas yang sifatnya memusat. Untuk memberikan kesan
yang fantastik yaitu dengan memasukan warna yang dapat merangsang sifat anak
untuk “aktif”.
Dalam aplikasinya unsur-unsur bentuk dasar diaplikasikan sebagai
pembentuk denah yang nantinya diharapkan bisa mendistribusikan sifat anak yang
ingin selalu bergerak. Bentuk dasar tersebut juga diaplikasikan sebagai pembentuk
elemen-elemen bentuk bangunan misalnya pintu. Selain elemen dasar tersebut
dimasukan ke pembentuk bangunan, pada bangunan ini memasukan elemen
alumunium agar bangunan dapat berkesan atrkatif. Pada sifat inovatif pada
Madrasah Ibtidaiyah dengan membentuk ruang kelas yang mengorganisikan
terpusat. Pada bangunan ini menggunakan warna-warna pastel agar para siswa
dapat merespon sifat anak yang selalu aktif. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Unggulan di Madiun | en_US |
dc.subject | Penekanan pada Tata Ruang | en_US |
dc.subject | Karakteristik Kreativitas Anak | en_US |
dc.title | Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Unggulan di Madiun Penekanan pada Tata Ruang yang Sesuai dengan Karakteristik Kreativitas Anak | en_US |