Show simple item record

dc.contributor.authorWawan Setiawan, 00512223
dc.date.accessioned2020-04-08T06:55:06Z
dc.date.available2020-04-08T06:55:06Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19204
dc.description.abstractPopularitas salah satu produk Volkswagen di Indonesia, yaitu VW Kodok yang merupakan sebutan lain masyarakat terhadap mobil jenis Beetle, menjadi kiasan dari konsep dasar perancangan dengan mengkaji proses perubahan bentuk, perubahan gerak dan perubahan warna pada tiga fase utama metamorfosis kodok. Yogyakarta, dengan berbagai daya tarik yang dimilikinya telah menjadikan kota ini sebagai sentra bagi beberapa daerah di sekitarnya dan menjadi kota tujuan utama dari kota-kota lain, sehingga potensial untuk dijadikan salah satu titik penyebarannya. Hal tersebut didukung pula oleh jaringan komunitas Volkswagen di Yogyakarta yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempromosikan kehadirannya kembali di Indonesia. Bentuk dan pergerakan statis, warna dominan transparan yang merupakan ciri dari fase bertelur diterapkan pada showroom sebagai pusat penjualan mobil baru, lalu workshop sebagai unit fasilitas layanan purna jualnya menggunakan material serupa namun mulai menunjukan pergerakan dengan mengolah bentuk yang melebar sebagai refleksi dari fase berudu atau kecebong. Fungsi lokal, yaitu pusat komunitas dimana berfungsi sebagai titik pangkal kegiatan dan tempat untuk mendapatkan berbagai informasi, baik keanggotaan, event-event, maupun informasi dari Volkswagen itu sendiri, menggunakan bentuk dan elemen-elemen yang lebih dinamis disertai dengan penggunaan material yang beragam. Secara keseluruhan, bentuk dan fungsi, kegunaan dan keindahan bersatu dalam wujud yang efektif dan ekspresif menjadi Pusat Volkswagen Yogyakarta. Keberadaan bangunan terpadu dari showroom, layanan purna jual dan pusat komunitas ini diharapkan dapat membangun kembali brand image Volkswagen di hati masyarakat Yogyakarta khususnya, serta masyarakat Indonesia pada umumnya, sehingga dapat memperkuat dominasi Volkswagen dalam dunia bisnis otomotif. Aus Liebe zum Automobil - For the Love of the Automobile.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPusat Volkswagen Yogyakartaen_US
dc.subjectTransformasi Metamorfosis Kodoken_US
dc.subjectBentuk Bangunan dan Tata Ruangen_US
dc.titlePusat Volkswagen Yogyakarta Transformasi Metamorfosis Kodok ke dalam Bentuk Bangunan dan Tata Ruangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record