Analisis Variasi Perletakan Tuned Mass Damper (TMD) untuk Mengurangi Simpangan Portal Bertingkat Tiga Akibat Beban Gempa
Abstract
Perancangan struktur tahan gempa, pada prinsipnya diantaranya adalah
pengendalian simpangan struktur, yang meliputi "relative displacement" dan
"inter story drift". Perancangan struktur tahan gempa harus memperhatikan
karakteristik beban gempa, dimana beban gempa merupakan beban dinamik yang
non-harmonik dan non-periodik.
Telah banyak penelitian terdahulu untuk mempelajari bagaimana efek
dari beban gempa terhadap struktur dan cara mengantisipasi terhadap efek yang
terjadi tersebut. Penelitian penggunaan alal peredam struktur telah banyak
dilakukan dalam mengantisipasi efek negatif dari gempa bumi. Penelitian ini
merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi efek akibut beban gempa
khususnya simpangan relatif dan simpangan antar tingkat yang terjadi pada
struktur gedung bertingkat dengan menggunakan alat yang disebut Tuned Mass
Damper (TMD). Penggunaan alat TMD dalam aplikasinya telah banyak
dipergunakan yang pada umumnya diletakkan pada puncak suatu gedung
bertingkat. Pada penelitian ini perletakan TMD divariasikan untuk memperoleh
perletakan TMD yang paling efektif dalam mengantisipasi simpangan struktur.
Proses analisa dinamik dilakukan dengan menggunakan program
komputer yang merupakan aplikasi dari fasilitas program Matlab 5.3 realese 11.
Dari hasil tinjauan respon struktur yang berupa simpangan relatif dan simpangan
antar tingkat, menunjukkan bahwa penggunaan TMD dapat mengurangi
simpangan relatif dengan perbandingan berkisar antara 17% - 50% dan
simpangan antar tingkat dengan perbandingan berkisar 18% - 73% dibandingkan
dengan struktur tanpa TMD. Dari hasil analisis juga diperoleh bahwa perletakan
TMD yang paling efektif adalah pada lantai 2 (lantai tengah) yang jika ditinjau
berdasarkan simpangan antar tingkatnya kurang dari 2 cm sehingga memenuhi
persyaratan pada PPGRG 1987. Dengan demikian penggunaan alat ini sangat
baik dalam mengantisipasi efek gempa bumi.
Collections
- Civil Engineering [4205]