dc.contributor.author | Ambar Briastuti, 92310038 | |
dc.contributor.author | Sri Achyuniwati, 92310104 | |
dc.date.accessioned | 2020-03-30T01:48:16Z | |
dc.date.available | 2020-03-30T01:48:16Z | |
dc.date.issued | 1998 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/18890 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini adalah suatu analisis komparasi biaya operasi kendaraan
dari sualu ruas jalan. Biaya Operasi Kendaraan (BOK) melipuli beherapa
komponen, antara lain : konsumsi bahan bakar, konsumsi bahan pelumas,
konsumsi ban (keausan), perawatan kendaraan, depresiasi, bunga modal dan
asuransi serta nilai waktu ("time value").
Studi ini membandingkan perhitungan BOK dengan dua metode, yaitu
TRRL dan PCI. Keduanya mempunyai tingkat kebutuhan data yang tidak terlalu
rumit serta mempunyai kelebihan dan kekurangan yang saling mengisi. Pada
TRRL, faktor geometri dan kondisi jalan menjadi tinjauan. Sedangkan PCI hanya
memperhitungkan satu variabel bebas yaitu kecepatan kendaraan.
BOK juga dapat dipergunakan dalam analisa tarif tol, yaitu sebagai
koridor penentuan tarif tol berdasarkan sisi pengguna jalan' "road user".
Sebagai kasusnya ditampilkan perhitungan BOK pada jalan tol seksi C di
Semarang dengan menggunakan dua metode tersebut. Hasilnya menunjukkan
bahwa perhitungan TRRL lebih mahal 20 - 200 % daripada perhitungan dengan
PCI. Sedangkan BOK pada ruas Jangli - Kaligawe lebih rendah 38%
dibandingkan dengan jalan non tol. BOK ruas Gayamsari - Kaligawe menghemat
50% dibanding melewati jalan non tol. Makin kurangnya jarak tempuh dan
bertambahnya kecepatan kendaraan adalah penyebab makin rendahnya nilai
BOK pada jalan tol seksi C Semarang. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Analisis Komparasi Biaya Operasi Kendaraan | en_US |
dc.subject | Metode TRRL dan PCI | en_US |
dc.subject | Jalan Tol Semarang Seksi C | en_US |
dc.title | Analisis Komparasi Biaya Operasi Kendaraan dengan Metode TRRL dan PCI pada Jalan Tol Semarang Seksi C | en_US |